18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |   22:00 . Kolaborasi Pemkab dan Media, Membangun City Branding Kabupaten Bojonegoro   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Apa itu Nasolabial Fold? Bagaimana Cara Mencegahnya?

blokbojonegoro.com | Sunday, 15 May 2022 09:00

Apa itu Nasolabial Fold? Bagaimana Cara Mencegahnya?

 

Reporter: --

blokbojonegoro.com - Lipatan nasolabial (nasolabial fold) adalah garis berlekuk di kulit yang membentang dari tepi hidung ke sudut luar mulut. Lipatan ini lebih jelas terlihat saat tersenyum sehingga lipatan ini sering disebut smile line. Lipatan nasolabial merupakan bagian normal dari wajah manusia. Hanya bayi baru lahir (newborn) dan orang dengan kelemahan saraf wajah tertentu yang tidak memiliki lipatan ini.

Mengapa Nasolabial Fold bisa bertambah dalam?

Nasolabial fold terdiri dari kumpulan otot dan kelompok jaringan ikat/fibrosa yang padat. Seiring bertambahnya usia, jaringan ini cenderung menjadi lebih padat. Kulit wajah juga umumnya menipis dan mengendur karena penuaan. Akibat dari semua proses ini adalah lipatan nasolabial menjadi lebih dalam dan jelas terlihat. Selain karena faktor usia, lipatan nasolabial bisa semakin dalam karena berbagai faktor, antara lain:

Pajanan sinar matahari 

Sinar matahari dapat menyebabkan perubahan tekstur kulit dan berkurangnya kolagen. Hal ini menyebabkan kulit yang seharusnya berfungsi sebagai penutup lipatan nasolabial lebih tipis. Akibatnya lipatan nasolabial lebih jelas terlihat.

Berkurangnya lemak di bagian tengah wajah

Hal ini menyebabkan pipi dan area sekitarnya tampak saggy dan memperberat tampilan lipatan nasolabial.

Terlalu banyak kontraksi pada area sekitar mulut.

Terlalu banyak tersenyum dapat membuat lipatan nasolabial lebih dalam. Namun, jangan sampai hal ini membuat kita mengurangi senyum ya. Karena tersenyum membawa banyak dampak positif lainnya untuk diri sendiri dan orang lain.

Faktor lainnya yang bisa memperberat adalah kebiasaan merokok, paparan polusi lingkungan, dan penurunan berat badan secara drastis.

Bagaimana cara penanganan nasolabial fold?

Seperti yang telah disebutkan di atas, nasolabial fold merupakan suatu kondisi yang normal dijumpai pada semua orang dan bukan merupakan faktor risiko untuk kondisi kesehatan apa pun dan tidak memerlukan perawatan tertentu. Namun, beberapa orang yang menganggap lipatan nasolabialnya dalam dan mengganggu mungkin lebih memilih untuk menghilangkannya. Beberapa prosedur kosmetik dapat dilakukan untuk mengurangi tampilan lipatan nasolabial atau menghilangkannya.

Bagaimana cara mencegahnya?

Tidak ada pendekatan yang efektif untuk mencegah munculnya lipatan nasolabial. Namun, beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah tampaknya lipatan nasolabial yang dalam pada usia dini, antara lain: 

Selalu gunakan tabir surya

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memperlambat kerusakan sel kulit akibat paparan sinar matahari dapat membantu mengurangi perkembangan lipatan nasolabial seiring bertambahnya usia

Gunakan skin care yang tepat

Skin care yang tepat dapat menjaga kualitas dan ketebalan kulit. Dengan demikian diharapkan kulit dapat berfungsi baik untuk menutupi lipatan nasolabial. Skincare dasar antara lain meliputi cleanser, exfoliator, serum, dan moisturizer.

Hindari penurunan berat badan mendadak

Kondisi ini dapat menimbulkan penipisan jaringan lemak pada wajah dan membuat lipatan nasolabial lebih terlihat

Stop merokok

Radikal bebas dari kebiasaan merokok dapat merusak kualitas kulit.

Selalu mengkonsumsi nutrisi yang baik dan air dalam jumlah yang cukup setiap hari

 Lipatan nasolabial merupakan bagian normal yang dijumpai pada semua orang. Lipatan ini dapat bertambah dalam dan jelas sejalan dengan usia. Ada berbagai prosedur medis yang dapat dilakukan untuk mengurangi lipatan nasolabial. Setiap orang memiliki karakteristik wajah yang unik dan tidak ada dua orang yang akan merespons prosedur atau teknik yang sama secara identik. Konsultasikan kepada tim dokter Bmderma tentang pilihan pengobatan terbaik untuk memperbaiki tampilan garis lipatan nasolabial Anda!. [lis]

 

Sumber: bmderma.com

Tag : Garis, senyum, nasobial



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat