11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BUMDes Margomulyo Terpilih Sebagai Misi Dagang di Bangka Belitung

blokbojonegoro.com | Wednesday, 25 May 2022 08:00

BUMDes Margomulyo Terpilih Sebagai Misi Dagang di Bangka Belitung

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Margo Sasono Karyo Mulyo, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, mengikuti kegiatan misi dagang dan investasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Pemprov Jatim dengan Pemprov Bangka Belitung. 

BUMDes Margomulyo terpilih sebagai peserta, karena Kecamatan Margomulyo menyimpan beragam potensi untuk dikembangkan, diantaranya sebagai sentra kerajinan kayu jati, di Kecamatan Margomulyo sendiri setidaknya terdapat empat desa yang menjadi sentra kerajinan, yakni Desa Geneng, Meduri, Sumberjo dan Desa Margomulyo. Saat ini tercatat sekitar 70 perajin yang tersebar di 4 desa tersebut.

Camat Margomulyo, Dyah Enggarini Mukti melihat potensi ini dan mengajak BUMDes Margomulyo untuk membuat usaha pemanfaatan limbah kayu menjadi kerajinan yang bernilai jual, hasilnya ada produk wood tumbler, wood bottle, wood dispencer dan wood kitchen ware. "Ada empat produk dari hasil usaha pemanfaatan limbah kayu, semuanya bernilai ekonomis," tutur Camat Dyah Enggarini Mukti.

Selanjutnya, Camat Margomulyo, Dyah Enggarini Mukti menyampaikan momen misi dagang dan investasi ini juga merupakan kebangkitan para UMKM dari keterpurukan Covid-19. Kegiatan ini juga merupakan langkah meningkatkan produk unggulan daerah untuk dapat dikenal masyarakat luas. 

"Saat ini pasca Covid-19 tidak ada jarak ruang bagi kebangkitan investasi khususnya para UMKM di Kecamatan Margomulyo," ucapnya.

Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro, melalui Kepala Dinas, Mahmmudin, kemudian menyambut dengan mengusulkan BUMDes Margomulyo agar diikutkan dalam Misi Dagang Provinsi melalui Dinas PMD Provinsi Jawa Timur. Setelah melalui seleksi dan pemilihan akhirnya BUM Desa Margomulyo terpilih.

Dalam kegiatan di Bangka Belitung, Gubernur Jawa Timur dan Kepala Dinas beberapa SKPD Provinsi Jatim, turut serta memberikan apresiasi atas kreatifitas produk-produk dari BUMDes Margomulyo, saat mengunjungi stand.

Langkah ini pun sesuai dengan visi dan misi Bojonegoro yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023. "Menjadikan Bojonegoro sebagai Sumber Ekonomi Kerakyatan dan Sosial Budaya Lokal untuk Terwujudnya Masyarakat yang Beriman, Sejahtera, dan Berdaya Saing," sambungnya.

Terpisah, Bambang Sutrisno, salah satu pengurus BUMDes Margomulyo yang mengikuti kegiatan ini menyampaikan terimakasih telah diberi kesempatan. "Sebetulnya ini misi untuk meningkatkan BUMDes dan UMKM bisa semakin lebih maju, naik kelas, karena UMKM itu yang menjadi penopang ekonomi negara. Jadi produk-produk kita bisa dipasarkan di Bangka Belitung, begitu juga sebaliknya kita bertukar produk dan kita pasarkan," papar dia. 

Senada, Kepala Desa Margomulyo, Nuryanto berharap sinergitas ini dapat terus berjalan dengan baik. "Ini kesempatan baik bagi BUM Desa kami untuk terus berinovasi menggali peluang usaha berdasarkan potensi lokal," tutupnya. [liz/mu]

Tag : Bumdes, bumdes margomulyo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat