12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Apa Sih Alasan Anak Mulai Tertarik Merokok?

blokbojonegoro.com | Sunday, 29 May 2022 09:00

Apa Sih Alasan Anak Mulai Tertarik Merokok? Ilustrasi: merdeka.com

 

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Anak-anak atau remaja saat ini dapat dengan mudah menerima paparan tingkah laku apapun seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Tak jarang, meski masih usia sekolah dasar anak-anak sudah tertarik untuk mencoba merokok, yang akhirnya aksi coba-coba itu berubah menjadi ketagihan. 

Sebagai orang tua tentu perlu tahu dan berupaya mengantisipasi anak merokok karena secara medis hal itu tidak bagus bagi kesehatan mereka. Apa saja sih pemicu anak tertarik untuk merokok?

Berdasarkan hasil anak penasaran ingin merasakan rokok juga didasari banyak faktor, di antaranya:

1. Faktor Lingkungan Sekitar

Menurut seorang psikolog klinis, Liza MD, lingkunga sekitarnya terlebih lingkungan keluarga jelas berpengaruh besar terhadap perilaku anak, termasuk dalam hal rokok. 

Ketika anak sejak dini sudah mengenal atau mengetahui ada keluarganya merokok maka akan timbul rasa penasaran bagaimana rasa rokok. 

"Sehingga mengalami yang kalau di psikologi itu namanya cognitive dissonance," ujar Liza sebagaimana dikutip dari Suara.com.

Kondisi cognitive disonance adalah proses berpikir yang tidak tepat. Bahkan, proses berpikirnya cenderung terbalik-balik, membenarkan yang salah, dan menyalahkan sesuatu yang benar.  Ketika anak sudah dari kecil melihat keluarga nya merokok pasti dia berpikir merokok adalah hal yang wajar dan tidak ada sesuatu yang salah sehingga bukan perilaku yang merugikan. 

2. Terpapar Internet

Faktor lain yang berpengaruh besar adalah informasi dan apa saja yang bisa dilihat anak dari internet. Saat ini anak-anak sudah terbiasa bermain gawai dan dengan mudah terpapar konten-konten yang berhubungan dengan rokok.  

Konten-konten yang berseliweran di media bisa saja dengan tanpa sadar terekam dalam otak anak. Saat sang anak atau remaja merasa stres, mereka akan langsung mengaktivasi program merokok yang telah mereka miliki di dalam otaknya. Oleh sebab itu, hal inilah yang menyebabkan mereka mencoba untuk mulai merokok.

3. Dari pertemanan

Teman adalah sosok dekat yang jelas memiliki pengaruh besar  dan seringkali menjadi orang yang ditiru oleh anak selain keluarga. 

Lingkungan juga berpengaruh. Biasanya pada remaja membutuhkan pengakuan dari kawan-kawannya. Untuk mendapat pengakuan ini seringkali anak akan ikut atau terpaksa mengikuti kehendak teman main mereka. Hal ini berpotensi menjadi pendorong seorang anak atau remaja untuk mulai merokok.

Pasalnya, seorang anak terutama remaja sangat membutuhkan penerimaan atau pengakuan dari lingkungannya. Sehingga pada saat ikut merokok dengan teman-teman, dia pun akan merasa diakui dan diterima oleh lingkungannya. [lis]

 

Tag : Kesehatan, rokok, anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat