14:00 . ISTeK ICsada Bojonegoro Gelar Diseminasi Program Aku Sehat 2022   |   13:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Gelar Sosialisasi Operasi Zebra bersama FKOB   |   07:00 . Bakteri Jahat atau Jamur, Mana yang Lebih Sering Menyebabkan Masalah Kulit Wajah Anda?   |   19:00 . Diduga Terpeleset di Sungai, Bocah asal Sumberrejo Meninggal Dunia   |   18:00 . RSUD Sumberrejo Top Finalis Kovablik Jatim 2022   |   15:00 . Pertamina EP Sukowati Field Bangun Sinergi Forkopimda Bojonegoro Melalui Kegiatan Menembak   |   13:00 . Polisi dan Suporter Bojonegoro Gelar Salat Ghoib dan Doa Bersama   |   22:00 . Ratusan Supporter di Bojonegoro Gelar Doa Bersama Atas Tragedi Kanjuruhan   |   21:00 . Berduka Atas Tragedi Kanjuruhan, Ratusan Supporter di Bojonegoro Doa Bersama   |   18:00 . Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel   |   17:00 . 2.195 PJU Bakal Dipasang Tahun Ini   |   16:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa JTB   |   15:00 . Bupati Anna Lantik 37 Pejabat di Lingkungan Pemkab Bojonegoro   |   14:00 . Polres Bojonegoro Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra 2022   |   13:00 . Hingga Kini, Polisi Belum Temukan Titik Terang   |  
Wed, 05 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Banyak SMPN Kekurangan Siswa, Ini Langkah Dinas Pendidikan

blokbojonegoro.com | Sunday, 29 May 2022 15:00

Banyak SMPN Kekurangan Siswa, Ini Langkah Dinas Pendidikan

 

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sebelumnya, Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi jenjang SMPN di Kabupaten Bojonegoro, ditutup pada Rabu (25/06/2022) tepat pukul 24.00 WIB. 

Berdasarkan data dari laman https://ppdbbojonegoro.net/pengumuman/zonasi, setidaknya tercatat sebanyak 49 SMPN di Bojonegoro yang terdaftar sebagai sekolah jalur zonasi. 

Bahkan, PPDB juga sempat dilakukan perpanjangan karena belum maksimal. Sebab, pagu di setiap sekolah terutama SMPN belum terpenuhi. Misalnya terdapat beberapa sekolah yang masih kekurangan siswa. 

Sekretaris Dinas Pendidikan Bojonegoro, Suyanto menegaskan, terkait kurangnya pagu zonasi PPDB SMPN di Bojonegoro pihak Dinas Pendidikan Bojonegoro telah mengambil langkah sekaligus evaluasi, pada Jumat (27/05/2022). 

"Dari 49 lembaga SMP sampai saat ini baru 9 yang sudah terpenuhi pagu. Dengan jumlah siswa terdaftar sebanyak 7.235," tegas Sekretaris Dinas Pendidikan Bojonegoro, Suyanto. 

Sedangkan, data yang masuk untuk penyebaran lulusan dari lembaga SD, kurang lebih 4.450 siswa. Di antaranya di sejumlah SMP swasta sebanyak 3.300 siswa, 150 siswa memilih sekolah di luar kota, dan 250 siswa melanjutkan di pondok pesantren. 

Setelah berkaca dari data, hasil kajian tim Kabupaten Bojonegoro, memutuskan ada 900 siswa yang belum diketahui bisa melanjutkan sekolah di mana. Sebab penyebaran siswa SD tidak merata, bahkan orang tua juga cenderung memilihkan anaknya melanjutkan sekolah dengan sistem pondok pesantren. 

"Selanjutnya, akan mengadakan evaluasi kedalam lembaga SMP untuk peningkatan sumber daya manusia dan inovasi guru. Mulai Senin (30/05/2022) tetap memfasilitasi calon siswa yang belum mendaftarkan diri, supaya bisa mendaftar sekolah, tanpa harus melihat jalur masuknya," papar Suyanto. 

Masih menurut Suyanto, dalam hal ini, Dinas Pendidikan Bojonegoro juga memiliki kewenangan untuk merekomendasi sekolah yang belum terpenuhi pagunya. Sesuai petunjuk teknis (juknis) untuk pemenuhan pagu bagi jalur zonasi. 

"Data sementara dari Dinas Pendidikan, yang meminta rekomendasi juga banyak yaitu sebanyak 124 siswa. Kedua, tahapan di sekolah berupa pemerataan dan tetap kita fasilitasi bagi yang belum mendaftar," tutup Sekdin Disdik Bojonegoro. [lis/lis]

 

Tag : Sekolah, penerimaan, pagu, SMPN



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 03 October 2022 18:00

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel Guna menyiapkan santri terampil menulis, Pondok Pesantren (PonPes) Al-Manshur yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 1, Dukuh Bangle Rt. 01 Rw 11, Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat