Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

232 Ternak di Bojonegoro Terjangkit Penyakit Mulut Kuku

blokbojonegoro.com | Tuesday, 31 May 2022 15:30

232 Ternak di Bojonegoro Terjangkit Penyakit Mulut Kuku

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama jajaran Forkopimda menggelar Rapat Koordinasi (rakor) Percepatan Penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Rakor tersebut dilakukan untuk memastikan langkah-langkah strategis agar wabah PMK tidak meluas di Jawa Timur. Hal itu agar hewan ternak terutama untuk keperluan kurban di Jawa Timur, maupun yang akan dijual keluar Jawa Timur dalam keadaan aman dan sehat serta tidak terkena wabah PMK.

Dalam postingan instagram @khofifah.ip juga disebutkan, ketersediaan hewan kurban di Jawa Timur, baik sapi, kambing maupun domba dalam kondisi cukup sehat dan aman.

"Terhadap ternak yang sakit akan dimaksimalkan penanganannya dengan obat-obatan, penyemprotan disinfektan. Sembari menunggu datangnya vaksin PMK," tulis Gubernur Khofifah.

Sementara itu, pantauan blokBojonegoro.com, sebanyak 232 ternak sapi dan kambing di Kabupaten Bojonegoro, mulai terjangkit kasus penyakit mulut dan kuku (PMK). Tercatat sejak tanggal 14 hingga 28 Mei.

Berkenaan dengan kasus PMK yang mulai menjangkit sejumlah ternak di Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro dalam SE Sekretaris Daerah. Melakukan peniadaan transaksi jual beli di pasar hewan selama 14 hari.

"Terhitung sejak tanggal 30 Mei hingga 12 Juni 2022. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya perluasan jumlah ternak yang terkena PMK, yang diakibatkan dari aktivitas jual beli di pasar hewan," tulis Sekretaris Daerah Bojonegoro, Nurul Azizah. [liz]

Berdasarkan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro, 232 ternak sapi maupun kambing yang terjangkit tersebar di beberapa wilayah.

 

-Purwosari 15 ekor

-Kedewan 18 ekor

-Kasiman 12 ekor

-Padangan 15 ekor

-Ngraho 12 ekor

-Gayam 1 ekor

-Malo 1 ekor

-Margomulyo 17 ekor

-Tambakrejo 28 ekor

-Kalitidu 14 ekor

-Trucuk 5 ekor

-Kapas 5 ekor

-Balen 3 ekor

-Kanor 3 ekor

-Sumberrejo 6 ekor

-Kepohbaru 7 ekor

-Sukosewu 15 ekor

-Kedungadem 7 ekor

-Ngambon 10 ekor

-Dander 3 ekor

-Temayang 7 ekor

-Sugihwaras 7 ekor

 

 

 

 

 

 

Tag : Hewan, sakit, pmk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini