16:00 . Usai Telur dan Cabai, Kini Harga Daging Ayam Kompak Turun   |   15:00 . Pemuda Asal Temayang Sukses Lestarikan Batik Tulis   |   14:00 . ISTeK ICsada Bojonegoro Gelar Diseminasi Program Aku Sehat 2022   |   13:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Gelar Sosialisasi Operasi Zebra bersama FKOB   |   07:00 . Bakteri Jahat atau Jamur, Mana yang Lebih Sering Menyebabkan Masalah Kulit Wajah Anda?   |   19:00 . Diduga Terpeleset di Sungai, Bocah asal Sumberrejo Meninggal Dunia   |   18:00 . RSUD Sumberrejo Top Finalis Kovablik Jatim 2022   |   15:00 . Pertamina EP Sukowati Field Bangun Sinergi Forkopimda Bojonegoro Melalui Kegiatan Menembak   |   13:00 . Polisi dan Suporter Bojonegoro Gelar Salat Ghoib dan Doa Bersama   |   22:00 . Ratusan Supporter di Bojonegoro Gelar Doa Bersama Atas Tragedi Kanjuruhan   |   21:00 . Berduka Atas Tragedi Kanjuruhan, Ratusan Supporter di Bojonegoro Doa Bersama   |   18:00 . Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel   |   17:00 . 2.195 PJU Bakal Dipasang Tahun Ini   |   16:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa JTB   |   15:00 . Bupati Anna Lantik 37 Pejabat di Lingkungan Pemkab Bojonegoro   |  
Wed, 05 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi yang Sebaiknya Dilakukan Perempuan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 01 June 2022 07:00

5 Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi yang Sebaiknya Dilakukan Perempuan


Reporter: -

blokBojonegoro.com - Setiap tanggal 28 Mei selalu diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia. Hari tersebut dirayakan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kebersihan sebelum, selama dan setelah mengalami menstruasi.

Dikatakan Dr Surabhi Siddhartha, seorang dokter di Motherhood Hospital Kharghar mengatakan, tidak bersih selama menstruasi dapat memengaruhi kesehatan perempuan dan berisiko membuat mereka terinfeksi dan alergi akibat praktik yang tidak bersih.

Lebih lanjut dikutip dari Hindustantimes.com, berikut ini lima tips menjaga kebersihan selama menstruasi yang baiknya diketahui para perempuan.

1. Ganti Sesering Mungkin

Mengganti pembalut atau tampon sesering mungkin setidaknya setiap tiga sampai enam jam sekali. Darah yang keluar saat menstruasi dapat menarik berbagai organisme dari tubuh, menyebabkan sensasi tidaknyam, ruam, dan infeksi saluran kemih. Dengan mengganti pembalut atau tampon secara berkala, maka kamu akan terhindar dari infeksi genital.

2. Bersihkan Daerah Vagina

Membersihkan daerah kewanitaan saat mengganti pembalut atau tampon merukan hal yang sangat penting. Usap dari vagina ke arah anus, bukan sebaliknya. Hati-hati perpindahan kuman dari anus dapat berpindah dari lubang kemudian masuk vagina atau uretra.

3. Hindari Penggunaan Produk Kebersihan Kewanitaan

Meskipun menambahkan produk kebersihan vagina dalam rutinitas harian bisa bermanfaat, namun menggunakannya selama menstruasi dapat menyebabkan komplikasi.

Vagina memiliki sistem pembersihan yang bekerja sepanjang siklus menstruasi, dan produk kebersihan buatan dianggap dapat mengganggu proses alami tersebut yang mengakibatkan infeksi dan pertumbuhan bakteri jahat.

4. Buang Pembalut dengan Benar

Tampon dan pembalut harus dibuang dengan benar. Saat hendak dibuang, bungkus dengan benar untuk menghindari penyebaran kuman dan penyakit.

Pastikan untuk tidak disiram karena tindakan tersebut dapat menyebarkan bakteri ke mana-mana. Cuci tangan secara menyeluruh setelah membuang pembalut.

5. Beralih ke Cangkir Menstruasi Jika Nyaman

Murah, aman, higienis, dan dapat digunakan kembali (setiap bulan hingga dua tahun). Itupun jika kamu merasa nyaman memasukkannya ke vagina. Pastikan ukuran cup lebih dulu ke dokter kandungan ya!

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, kesehatan saat Menstruasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 03 October 2022 18:00

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel Guna menyiapkan santri terampil menulis, Pondok Pesantren (PonPes) Al-Manshur yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 1, Dukuh Bangle Rt. 01 Rw 11, Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat