21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |   16:00 . Strategi Pertamina Menjaga Pasokan Energi Nasional   |   15:00 . SHU Pertamina Gelar Media Gathering Regional Indonesia Timur   |   14:00 . Pemdes Berharap Ada Bantuan Makanan dan Bahan Pokok untuk Warganya   |   13:00 . Kado Hari Guru Nasional, FTBM Bojonegoro Launching 11 Buku Karya Guru PAUD Bojonegoro   |   12:00 . Berlangsung Khidmat, STAI Attanwir Gelar Wisuda 145 Mahasiswa   |   11:00 . Pengguna Jalan Dihimbau Pilih Jalur Alternatif   |   10:00 . Jalan Nasional Bojonegoro-Babat Terendam Banjir, Macet Mengular   |   09:00 . Kolaborasi Stakeholder, Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemenkes   |   21:00 . Malam Ini Debit Air Waduk Pacal dan Bengawan Solo Meningkat   |   20:00 . Inisiasi Pengembangan Vinglish Melalui Riset   |   19:00 . Live : Bojonegoro Fashion Street and Veggie   |   18:00 . Pahlawan Perjuangan di Bojonegoro, Abadi Dalam Nama Jalan dan Fasum   |   17:00 . Aneka Olahan Jambu dan Mawar Desa Kalangan Juga Dipamerkan di Bojonegoro Fashion Street Fruit and Veggie   |  
Sun, 27 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

4 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Tak Cuma Sedap Dijadikan Lalapan

blokbojonegoro.com | Friday, 17 June 2022 07:00

4 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Tak Cuma Sedap Dijadikan Lalapan

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Awam dijadikan pelengkap makanan atau lalapan, ternyata manfaat daun kemangi tidak berhenti di sektor kuliner saja. Daun ini memiliki banyak kandungan berguna, yang bermanfaat pula untuk kesehatan tubuh manusia ketika dikonsumsi secara rutin.

Jika dicermati setidaknya ada lebih dari 60 jenis kemangi yang tumbuh di berbagai belahan dunia. Secara umum, manfaat daun kemangi sendiri bisa membantu mempercepat penyembuhan luka, sakit perut, dan beberapa manfaat lain yang akan dijelaskan di bagian berikutnya.

Sebelum mengetahui manfaatnya, mari lihat dulu kandungan yang ada di dalam daun kemangi ini.

Kandungan di Dalam Daun Kemangi

Pada salah satu artikel di alodokter.com, dalam 100 gram daun kemangi setidaknya ada kandungan seperti di bawah ini.

- 3 gram protein
- 177 mg kalsium
- 295 mg kalium
- 64 mg magnesium
- 18 mg vitamin C
- 3 mg zat besi
- Antioksidan (lutein dan zeaxanthin)
- Serat
- Fosfor
- Folat
- Zinc
- Vitamin A
- Vitamin B

Dilihat dari kandungannya saja, tampaknya akan cukup banyak manfaat yang didapatkan bukan?

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

1. Membantu Menurunkan Stres dan Kecemasan

Manfaat pertama adalah membantu menurunkan kadar stres dan kecemasan yang dirasakan seseorang. Dengan perannya sebagai adaptogen, tubuh bisa beradaptasi dengan hormon stres lebih baik. Zat yang terkandung di dalamnya juga bisa membuat pikiran menjadi rileks dan tenang, sehingga gangguan kecemasan bisa diminimalisir dampaknya.

2. Kesehatan Pencernaan

Daun kemangi juga bermanfaat untuk mencegah gangguan pencernaan yang timbul akibat luka di bagian lambung. Selain itu di saat yang sama, kandungannya membantu menurunkan kadar asam lambung serta meningkatkan pelepasan lendir untuk melindungi dinding lambung.

3. Mengatasi Jerawat

Daun kemangi yang diolah menjadi minyak dipercaya bisa mengatasi jerawat yang muncul. Sifat antibakteri yang ada di dalamnya bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat serta bisa membantu melawan infeksi.

4. Membantu Mencegah Kanker

Selain memiliki sifat antioksidan daun kemangi juga memiliki sifat antikanker. Kandungannya dapat melawan sel kanker paru-paru, kanker hati, kanker mulut, hingga kanker kulit.

Sebenarnya masih ada beberapa manfaat daun kemangi lain yang bisa didapatkan seperti menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengontrol gula darah, serta pemulihan pasca stroke.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat