21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |   16:00 . Strategi Pertamina Menjaga Pasokan Energi Nasional   |   15:00 . SHU Pertamina Gelar Media Gathering Regional Indonesia Timur   |   14:00 . Pemdes Berharap Ada Bantuan Makanan dan Bahan Pokok untuk Warganya   |   13:00 . Kado Hari Guru Nasional, FTBM Bojonegoro Launching 11 Buku Karya Guru PAUD Bojonegoro   |   12:00 . Berlangsung Khidmat, STAI Attanwir Gelar Wisuda 145 Mahasiswa   |   11:00 . Pengguna Jalan Dihimbau Pilih Jalur Alternatif   |   10:00 . Jalan Nasional Bojonegoro-Babat Terendam Banjir, Macet Mengular   |   09:00 . Kolaborasi Stakeholder, Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemenkes   |   21:00 . Malam Ini Debit Air Waduk Pacal dan Bengawan Solo Meningkat   |   20:00 . Inisiasi Pengembangan Vinglish Melalui Riset   |   19:00 . Live : Bojonegoro Fashion Street and Veggie   |   18:00 . Pahlawan Perjuangan di Bojonegoro, Abadi Dalam Nama Jalan dan Fasum   |   17:00 . Aneka Olahan Jambu dan Mawar Desa Kalangan Juga Dipamerkan di Bojonegoro Fashion Street Fruit and Veggie   |  
Sun, 27 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

4 Ciri Mengalami Kelelahan Mental, Jadi Lari dari Tanggung Jawab!

blokbojonegoro.com | Saturday, 18 June 2022 07:00

4 Ciri Mengalami Kelelahan Mental, Jadi Lari dari Tanggung Jawab!

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Rasa lelah gak hanya menyangkut fisik aja, lho. Mental pun bisa mengalami kelelahan. Berada di hubungan asmara yang toksik, punya atasan yang suka marah-marah, adalah beberapa contoh kondisi yang dapat membuatmu capek batin.

Ingin tahu apakah kamu mengalami kelelahan mental atau tidak? Untuk mengeceknya, ada beberapa ciri yang dapat kamu perhatian. Let’s check it out!

1. Lari dari tanggung jawab

Kelelahan mental bisa mendorong perubahan perilaku seseorang. Salah satu perubahan perilaku yang dapat terjadi, adalah kamu jadi lari dari tanggung jawab.

Namanya kelelahan, biasanya orang jadi malas melakukan hal apa pun, kan? Begitu pula yang terjadi saat batinmu capek.

Tugas yang biasanya gak masalah kamu emban dan senantiasa bisa diselesaikan dengan baik, kini seperti gak ada energi untuk melakukannya. Makanya, kamu jadi menghindari tanggung jawab tersebut.

2. Gak mau bertemu dengan orang lain

Apakah akhir-akhir ini kamu malas bertemu siapa pun? Bahkan ketemu teman akrab yang biasanya jadi aktivitas ditunggu-tunggu, kini membayangkannya saja sudah malas duluan.

Nah, ini bisa pula terjadi akibat kamu sedang alami lelah mental. Orang yang lelah mental biasanya lebih memilih sendirian.

Tapi, hati-hati, lho. Kecenderungan ini sebaiknya jangan selalu dituruti. Karena malah akan memperburuk suasana hati. Terlalu terbiasa dengan sendirian malah bisa bikin kamu terpuruk dalam depresi akibat merasa kesepian.

3. Mencari pelampiasan ke hal negatif

Orang yang mengalami kelelahan mental kondisinya tidak bahagia. Itu sebabnya, ia butuh pelampiasan rasa frustrasi tersebut, dan mencari kebahagiaan lewat jalan lain, yang biasanya malah negatif.

Sebagai contoh, kamu jadi memakai narkoba, padahal sebelumnya gak pernah terpikir untuk menggunakan itu. Atau bisa pula jadi sering mengonsumsi minuman beralkohol, karena ketika mabuk kamu bisa untuk sementara melupakan berbagai hal yang membebani dirimu.

4. Gampang marah

Mental yang berada dalam kondisi tidak fit membuat emosi jadi gak stabil. Jika biasanya terkenal sabar, kamu sekarang jadi mudah sekali marah sampai-sampai orang-orang di sekitarmu jadi berhati-hati sekali ketika berinteraksi denganmu. Takut kamu ngamuk!

Coba evaluasi kembali kenapa bisa kamu kelelahan mental jika tanda-tanda tadi sedang dialami. Usahakan menjauh dari sumber-sumber yang bisa bikin batinmu lelah, ya!

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, kelelahan mental



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat