20:00 . Mendag Zulhas Sidak Stock Point, Pastikan Stok Migor Curah Aman   |   19:00 . Dinas PMD Jawa Timur Tampung Wadah Komunikasi dan Inspirasi Lewat Jambore BUMDes   |   18:00 . Peluang Lulusan SMK 99 Persen Terserap Dunia Kerja   |   17:00 . Bupati Anna Pastikan Pemerataan Faskes Atasi AKI dan AKB   |   16:00 . 715 Personel Gabungan, Siap Amankan Bojonegoro Bersholawat   |   07:00 . 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari   |   21:00 . Kontingen Gantole Bojonegoro Raih 2 Emas dan 2 Perak   |   20:00 . Sepak Bola Putra Bojonegoro Angkat Koper dari Porprov Jatim   |   19:00 . Persiapan Kurikulum Merdeka Belajar, SMPN dan SMPS Bojonegoro Ikuti Workshop   |   18:00 . 5000 Pelanggar Terekam Mobil INCAR di Bojonegoro   |   10:00 . Inilah Lokasi Titik Parkir Bojonegoro Bersholawat Bareng Habib Syeikh   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Akan Gelar Shalawat Bareng Habib Syeikh   |   08:00 . Bahas Potensi Pariwisata Lokal, Bupati Bojonegoro Kunker ke Samarinda   |   07:00 . Bukan Cuma Bikin Sehat, Pijat Bayi Juga Bangun Kedekatan Anak dengan Orangtua   |   19:00 . Pengambilan PIN PPDB SMA Diperpanjang 4 Juli   |  
Sat, 25 June 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

6 Manfaat Mendongeng untuk Anak, Termasuk Melatih Perkembangan Emosional Mereka

blokbojonegoro.com | Wednesday, 22 June 2022 07:00

6 Manfaat Mendongeng untuk Anak, Termasuk Melatih Perkembangan Emosional Mereka

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Mendengarkan cerita dongeng menjadi kegiatan favorit anak-anak sebelum tidur. Hal ini menjadi rutinitas beberapa orangtua sebelum buah hatinya terlelap.

Berbagai cerita mulai dari Malin Kundang, Kancil dan Buaya, Timun Emas, dan lain-lain menjadi hal yang menarik untuk didengarkan.

Sayangnya, saat ini sudah jarang orang tua yang mendongeng untuk anak sebelum tidur. Mendongeng sendiri sebenarnya memberikan dampak baik bagi orangtua dan anak.

Hubungan di antara keduanya juga menjadi lebih kuat dari kebiasaan mendongen tersebut. Selain itu, mendongeng juga memberikan berbagai manfaat baik untuk anak.

Melansir laman Times of India, berikut beberapa manfaat mendongeng oleh orangtua kepada anak mereka.

1. Menambah Kosakata Baru Anak

Dalam mendongeng, kerap kali terdapat beberapa kosakata yang tidak dikenali anak. Dengan begitu, orang tua juga dapat mengajarkan berbagai kosakata baru beserta artinya.

Berdasarkan penelitian, saat masih kecil anak akan lebih mudah menyerap kata lalu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Meningkatkan Keterampilan Mendengar

Saat mendongeng, anak akan fokus kepada cerita yang didengarnya. Hal ini dapat membantu meningkatkan keterampilan anak untuk mendengar. Selain itu, dengan mendengarkan dongeng juga membantu meningkatkan fokus yang dimiliki anak.

3. Meningkatkan Imajinasi Anak

Di era teknologi seperti saat ini, anak bisa mendengarkan cerita dongeng disertai ilustrasi yang disajikan. Namun, hal tersebut akan terasa berbeda ketika dongeng dibacakan secara langsung.

Mendengarkan dongeng secara langsung tanpa ilustrasi, membuat cerita menjadi lebih nyata. Hal ini karena anak akan membuat imajinasinya sendiri dari cerita yang dibacakan.

4. Mengenalkan Budaya

Pada beberapa cerita dongeng, biasanya berlatarkan kisah yang terdapat di berbagai daerah dengan budaya khasnya. Dengan ini, anak dapat mengenal berbagai budaya yang ada.

Dalam cerita dongeng juga biasanya terdapat pesar moral dan nilai kebudayaan yang dapat diambil oleh anak.

5. Sarana Anak untuk Belajar

Mendongeng akan membuat anak belajar banyak hal. Anak dapat berpikir kritis terhadap alur cerita yang disampaikan. Mendongeng juga membuat anak lebih aktif dan bertanya jika terhadap cerita yang dibacakan.

Tidak hanya itu, daya imajinasi anak juga menjadi lebih meningkat dengan penggambaran visual dari cerita yang dibacakan.

6. Melatih Perkembangan Emosional dan Perasaan Anak

Cerita yang dibacakan saat mendongeng terdiri dari berbagai alur. Biasanya dalam setiap cerita memiliki sisi emosionalnya tersendiri.

Hal ini dapat membentuk perasaan dan emosional anak untuk memberikan simpati kepada tokoh dalam cerita. Dengan begitu, perasaan dan emosional anak akan terbentuk dari cerita yang dibacakan.

*Sumber: suara.com

Tag : Kesehatan, anak, balita



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 18 June 2022 13:00

    BMG Hadir di Rakerwil AMSI Jatim 2022

    BMG Hadir di Rakerwil AMSI Jatim 2022 Crew dari Blok Media Group (BMG) blokBojonegoro.com dan blokTuban.com hadir dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur tahun 2022 di Kota Mojokerto, Sabtu dan Minggu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat