16:00 . SKK Migas Akan Kembali Menggelar Konvensi Hulu Migas   |   15:00 . Pasutri Curanmor yang Tertangkap di Balen, Divonis Dua Tahun Penjara   |   13:00 . PT Pertamina EP Sukowati Field Meraih Penganugerahan Piala PSBE dari Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM   |   12:00 . Wakil Menteri Hukum dan HAM RI Kunker di Lapas IIA Bojonegoro   |   09:00 . Disperinaker; 1.625 Tenaga Kerja Masih Aktif Bekerja di Proyek JTB   |   08:00 . Harga Tembakau Rajang Kering Tinggi, Petani Sumringah   |   07:00 . 5 Cara untuk Menghentikan Kebiasaan Anak Menggigit Kuku   |   19:00 . Prgoram Pengembangan Masyarakat Selesai, EMCL Gandeng PC GP Ansor Serahkan ke Desa   |   18:00 . Diserahkan ke Dinsos Jatim, Bayi Mungil Diberi Nama Hilya Qonita   |   16:00 . Usai Telur dan Cabai, Kini Harga Daging Ayam Kompak Turun   |   15:00 . Pemuda Asal Temayang Sukses Lestarikan Batik Tulis   |   14:00 . ISTeK ICsada Bojonegoro Gelar Diseminasi Program Aku Sehat 2022   |   13:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Gelar Sosialisasi Operasi Zebra bersama FKOB   |   07:00 . Bakteri Jahat atau Jamur, Mana yang Lebih Sering Menyebabkan Masalah Kulit Wajah Anda?   |   19:00 . Diduga Terpeleset di Sungai, Bocah asal Sumberrejo Meninggal Dunia   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

6 Manfaat Mendongeng untuk Anak, Termasuk Melatih Perkembangan Emosional Mereka

blokbojonegoro.com | Wednesday, 22 June 2022 07:00

6 Manfaat Mendongeng untuk Anak, Termasuk Melatih Perkembangan Emosional Mereka

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Mendengarkan cerita dongeng menjadi kegiatan favorit anak-anak sebelum tidur. Hal ini menjadi rutinitas beberapa orangtua sebelum buah hatinya terlelap.

Berbagai cerita mulai dari Malin Kundang, Kancil dan Buaya, Timun Emas, dan lain-lain menjadi hal yang menarik untuk didengarkan.

Sayangnya, saat ini sudah jarang orang tua yang mendongeng untuk anak sebelum tidur. Mendongeng sendiri sebenarnya memberikan dampak baik bagi orangtua dan anak.

Hubungan di antara keduanya juga menjadi lebih kuat dari kebiasaan mendongen tersebut. Selain itu, mendongeng juga memberikan berbagai manfaat baik untuk anak.

Melansir laman Times of India, berikut beberapa manfaat mendongeng oleh orangtua kepada anak mereka.

1. Menambah Kosakata Baru Anak

Dalam mendongeng, kerap kali terdapat beberapa kosakata yang tidak dikenali anak. Dengan begitu, orang tua juga dapat mengajarkan berbagai kosakata baru beserta artinya.

Berdasarkan penelitian, saat masih kecil anak akan lebih mudah menyerap kata lalu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Meningkatkan Keterampilan Mendengar

Saat mendongeng, anak akan fokus kepada cerita yang didengarnya. Hal ini dapat membantu meningkatkan keterampilan anak untuk mendengar. Selain itu, dengan mendengarkan dongeng juga membantu meningkatkan fokus yang dimiliki anak.

3. Meningkatkan Imajinasi Anak

Di era teknologi seperti saat ini, anak bisa mendengarkan cerita dongeng disertai ilustrasi yang disajikan. Namun, hal tersebut akan terasa berbeda ketika dongeng dibacakan secara langsung.

Mendengarkan dongeng secara langsung tanpa ilustrasi, membuat cerita menjadi lebih nyata. Hal ini karena anak akan membuat imajinasinya sendiri dari cerita yang dibacakan.

4. Mengenalkan Budaya

Pada beberapa cerita dongeng, biasanya berlatarkan kisah yang terdapat di berbagai daerah dengan budaya khasnya. Dengan ini, anak dapat mengenal berbagai budaya yang ada.

Dalam cerita dongeng juga biasanya terdapat pesar moral dan nilai kebudayaan yang dapat diambil oleh anak.

5. Sarana Anak untuk Belajar

Mendongeng akan membuat anak belajar banyak hal. Anak dapat berpikir kritis terhadap alur cerita yang disampaikan. Mendongeng juga membuat anak lebih aktif dan bertanya jika terhadap cerita yang dibacakan.

Tidak hanya itu, daya imajinasi anak juga menjadi lebih meningkat dengan penggambaran visual dari cerita yang dibacakan.

6. Melatih Perkembangan Emosional dan Perasaan Anak

Cerita yang dibacakan saat mendongeng terdiri dari berbagai alur. Biasanya dalam setiap cerita memiliki sisi emosionalnya tersendiri.

Hal ini dapat membentuk perasaan dan emosional anak untuk memberikan simpati kepada tokoh dalam cerita. Dengan begitu, perasaan dan emosional anak akan terbentuk dari cerita yang dibacakan.

*Sumber: suara.com

Tag : Kesehatan, anak, balita



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 03 October 2022 18:00

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel Guna menyiapkan santri terampil menulis, Pondok Pesantren (PonPes) Al-Manshur yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 1, Dukuh Bangle Rt. 01 Rw 11, Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat