22:00 . Kopri PC PMII Bojonegoro; Pembuangan Bayi Langgar HAM dan Bisa Dipidana   |   21:00 . Relawan Sedulur Kanor Deklarasi Prabowo Presiden 2024   |   20:00 . Delapan Desa di Bojonegoro Terima Program EMCL Difasilitasi GP Ansor   |   19:00 . Kick Off Liga 3 Belum Jelas, Pelatih Persibo Minta Uji Coba Lagi   |   18:00 . Persibo Ditahan Imbang BFC 1-1, Dua Pemain Disanksi Kartu Merah   |   10:00 . Warga Sekitar Kota Bojonegoro Keluhkan Air PDAM Mati, Ini Penyebabnya   |   09:00 . Bakesbangpol Himbau Warga Bojonegoro Kibarkan Bendera Setengah Tiang   |   22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |  
Sat, 01 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

blokbojonegoro.com | Saturday, 25 June 2022 07:00

5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Musim hujan biasanya memuat seseorang lebih rentan terkena flu biasa atau influenza. Ini karena kekurangan asupan vitamin D dari matahari yang berguna dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain vitamin D dari matahari, makanan juga membantu menangkal flu. Lantas, adakah makanan penangkal flu? Begini penjelasannya.

Diketahui, meningkatkan diet Anda dengan asupan makanan bergizi yang menenangkan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh tetap bugar meski di musim hujan. 

Nah melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa makanan penangkal flu yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Makanan Penangkal Flu

1. Sup

Sup adalah pilihan yang bagus karena merupakan cara yang lembut dan nyaman untuk mendapatkan asupan sayuran bervitamin berprotein, dan cairan yang akan membantu Anda mendapatkan pemulihan dari flu secepat mungkin. Uap dari sup panas juga dapat membantu menghilangkan hidung mampet saat flu dan meredakan sakit tenggorokan. 

2. Teh panas

Tidak ada yang lebih menenangkan daripada secangkir teh panas saat sedang hujan. Teh kaya akan antioksidan dan dapat memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan untuk sakit tenggorokan, hidung tersumbat saat flu, dan membantu menekan batuk.

Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu atau perasan lemon ke dalam secangkir teh yang Anda minum. Atau Anda juga bisa menambahkan jahe. Teh jahe ini bisa menjadi pilihan yang bagus saat Anda terserang flu atau demam, karena dapat membantu melawan mual. 

3. Menghirup aroma bawang putih

Bawang putih mengandung sejumlah nutrisi yang telah terbukti baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, bawang putih juga mengandung oligosakarida yang merupakan jenis karbohidrat yang dapat difermentasi yang membantu menjaga kesehatan usus. Bawang putih juga dapat membantu mengurangi Anda terkena flu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi bawang putih setiap hari lebih jarang terkena flu biasa daripada mereka yang tidak mengonsumsi bawang putih. Untuk memaksimalkan manfaat bawang putih dalam melawan pilek, disarankan untuk mengonsumsinya setiap hari.

4. Daging merah

Jika Anda pemakan daging, daging merah seperti daging sapi dan domba mengandung banyak zat besi dan seng. Memiliki kadar zat besi dan seng yang rendah dalam darah dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang dapat membuat kita lebih rentan terhadap penyakit seperti flu. Nikmati porsi daging merah dua kali seminggu untuk membantu menjaga kadar zat besi dan seng dalam tubuh.

5. Buncis

Buncis adalah pembangkit tenaga dan nutrisi. Buncis dan kacang polong lainnya, seperti lentil, kacang merah, kacang hitam dan kacang panggang, kaya akan serat dan juga protein. Serat penting untuk menjaga kesehatan usus dan membantu menjaga tubuh dari terserang flu. Selain itu, kandungan protein di dalamnya juga penting karena akan membantu membangun dan memperbaiki sel.

Demikian ulasan mengenai makanan penangkal flu yang juga membantu dalam menjaga kekebalan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

*Sumber: suara.com

Tag : Pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat