11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

blokbojonegoro.com | Saturday, 25 June 2022 07:00

5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Musim hujan biasanya memuat seseorang lebih rentan terkena flu biasa atau influenza. Ini karena kekurangan asupan vitamin D dari matahari yang berguna dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain vitamin D dari matahari, makanan juga membantu menangkal flu. Lantas, adakah makanan penangkal flu? Begini penjelasannya.

Diketahui, meningkatkan diet Anda dengan asupan makanan bergizi yang menenangkan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh tetap bugar meski di musim hujan. 

Nah melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa makanan penangkal flu yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Makanan Penangkal Flu

1. Sup

Sup adalah pilihan yang bagus karena merupakan cara yang lembut dan nyaman untuk mendapatkan asupan sayuran bervitamin berprotein, dan cairan yang akan membantu Anda mendapatkan pemulihan dari flu secepat mungkin. Uap dari sup panas juga dapat membantu menghilangkan hidung mampet saat flu dan meredakan sakit tenggorokan. 

2. Teh panas

Tidak ada yang lebih menenangkan daripada secangkir teh panas saat sedang hujan. Teh kaya akan antioksidan dan dapat memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan untuk sakit tenggorokan, hidung tersumbat saat flu, dan membantu menekan batuk.

Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu atau perasan lemon ke dalam secangkir teh yang Anda minum. Atau Anda juga bisa menambahkan jahe. Teh jahe ini bisa menjadi pilihan yang bagus saat Anda terserang flu atau demam, karena dapat membantu melawan mual. 

3. Menghirup aroma bawang putih

Bawang putih mengandung sejumlah nutrisi yang telah terbukti baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, bawang putih juga mengandung oligosakarida yang merupakan jenis karbohidrat yang dapat difermentasi yang membantu menjaga kesehatan usus. Bawang putih juga dapat membantu mengurangi Anda terkena flu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi bawang putih setiap hari lebih jarang terkena flu biasa daripada mereka yang tidak mengonsumsi bawang putih. Untuk memaksimalkan manfaat bawang putih dalam melawan pilek, disarankan untuk mengonsumsinya setiap hari.

4. Daging merah

Jika Anda pemakan daging, daging merah seperti daging sapi dan domba mengandung banyak zat besi dan seng. Memiliki kadar zat besi dan seng yang rendah dalam darah dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang dapat membuat kita lebih rentan terhadap penyakit seperti flu. Nikmati porsi daging merah dua kali seminggu untuk membantu menjaga kadar zat besi dan seng dalam tubuh.

5. Buncis

Buncis adalah pembangkit tenaga dan nutrisi. Buncis dan kacang polong lainnya, seperti lentil, kacang merah, kacang hitam dan kacang panggang, kaya akan serat dan juga protein. Serat penting untuk menjaga kesehatan usus dan membantu menjaga tubuh dari terserang flu. Selain itu, kandungan protein di dalamnya juga penting karena akan membantu membangun dan memperbaiki sel.

Demikian ulasan mengenai makanan penangkal flu yang juga membantu dalam menjaga kekebalan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

*Sumber: suara.com

Tag : Pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat