22:00 . Kopri PC PMII Bojonegoro; Pembuangan Bayi Langgar HAM dan Bisa Dipidana   |   21:00 . Relawan Sedulur Kanor Deklarasi Prabowo Presiden 2024   |   20:00 . Delapan Desa di Bojonegoro Terima Program EMCL Difasilitasi GP Ansor   |   19:00 . Kick Off Liga 3 Belum Jelas, Pelatih Persibo Minta Uji Coba Lagi   |   18:00 . Persibo Ditahan Imbang BFC 1-1, Dua Pemain Disanksi Kartu Merah   |   10:00 . Warga Sekitar Kota Bojonegoro Keluhkan Air PDAM Mati, Ini Penyebabnya   |   09:00 . Bakesbangpol Himbau Warga Bojonegoro Kibarkan Bendera Setengah Tiang   |   22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |  
Sat, 01 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sering Dianggap sebagai Kelemahan, Menangis Sebenarnya Baik untuk Kesehatan, lho!

blokbojonegoro.com | Monday, 27 June 2022 07:00

Sering Dianggap sebagai Kelemahan, Menangis Sebenarnya Baik untuk Kesehatan, lho!

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Menangis merupakan aktivitas alami manusia dan semua orang berhak melakukannya, apa pun jenis kelaminnya. Menangis juga sebenarnya baik untuk kita.

Walau selalu dipandang sebagai kelemahan, menangis merupakan metode koping yang sehat.

Ada tiga jenis air mata, yakni basal, refleks, dan emosional. Air mata emosional merespons kegembiraan, kesedihan, maupun ketakutan, dan inilah yang memiliki manfaat bagi tubuh.

Penelitian, dilansir CNET, menunjukkan bahwa produksi protein dan hormon meningkat ketika seseorang menangis karena faktor emosional.

Menangis juga mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, memperlambat pernapasan, dan detak jantung. Semua itu membuat seseorang lebih lega.

Ketika emosi yang kuat muncul, menangis membantu memulihkan ke keadaan yang 'normal'. Namun, efeknya tidak terjadi secara instan, dibutuhkan beberapa menit menangis dan bernapas dalam-dalam agar detak jantung melambat sehingga tubuh menjadi rileks.

Menangis dalam waktu lama juga dapat membantu meringankan rasa sakit fisik dan emosional. Ketika menangis, tubuh melepaskan oksitosin dan endorfin, hormon yang terkait dengan rasa sakit.

Menangis juga merupakan proses penting dari berduka. Penelitian menunjukkan bahwa menangis membantu memproses kesedihan.

Lebih dari itu, menangis dapat memperbaiki suasana hati. Tidak seperti air mata refleks dan basal, air mata emosional mengandung hormon stres serta mineral mangan.

Mangan dikaitkan dengan kecemasan, lekas marah dan gugup, jadi menangis adalah salah satu cara untuk melepaskan ketegangan.

Sebaliknya, menahan air mata justru akan berdampak negatif pada suasana hati. Mencoba menahan emosi dan stres (kpping represi) terkait dengan kekebalan yang buruk, penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi.

*Sumber: suara.com

 

Tag : kesehatan, manfaat menangis



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat