13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perpusgatda dan Dunia Imajinasi Ajak Anak-Anak Bermain Sambil Belajar

blokbojonegoro.com | Wednesday, 29 June 2022 13:00

Perpusgatda dan Dunia Imajinasi Ajak Anak-Anak Bermain Sambil Belajar

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Mengisi liburan sekolah tak harus dengan bepergian ke tempat wisata maupun pusat perbelanjaan atau mall di luar kota. Di rumah maupun di lingkungan sekitar, orang tua juga dapat mengajak anak bermain sambil belajar untuk terus mengasah kemampuan dan kreativitas mereka.

Seperti yang tengah dilakukan oleh Komunitas Perpusgatda dan Dunia Imajinasi. Di tengah liburan anak sekolah, komunitas ini justru aktif mengadakan beragam kegiatan yang dapat menumbuhkan kreativitas anak. 

"Acara ini memang dibuat untuk mengisi liburan sekolah selama 3 Minggu. Konsepnya belajar sambil bermain, responnya Alhamdulillah anak-anak antusias dan senang," ungkap Pencetus Perpusgatda, Ridwan Asmaka. 

Meski hanya terlihat sebatas permainan sederhana. Nyatanya, anak-anak yang mengikuti kegiatan dari Perpusgatda dan Dunia Imajinasi cukup antusias. Tampak dari mereka asyik mengikuti cara membuat kreasi tie dye. 

Tie dye sendiri merupakan seni mewarnai kain dengan cara mengikat kain, menggunakan cara tertentu sebelum dilakukan pencelupan. Bahkan, di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Teknik seperti ini dikenal dengan nama cinde, tritik atau jumputan hingga sasirangan.

"Anak-anak belajar membawa kaos polos untuk di warnai dengan wantex. Prosesnya, kaosnya di jumput bagian tengah, samping kanan kiri lalu dikareti. Ada juga yang menggunakan pola di tekuk-tekuk supaya mudah," ucapnya. 

Selanjutnya, jika menginginkan pola kain berwarna-warni. Bisa juga mencelupkan ke warna-warna yang sudah di siapkan. Kemudian, di bungkus menggunakan kresek putih dan diamkan terlebih dahulu. 

"Setelah itu, bisa di lpanaskan dan untuk penutupnya bisa direndam kaos dengan larutan garam kasar. Kemudian dikeringkan lagi dan jadilah tie dye," ucap Agung. 

Selain berkreasi menggunakan tie dye. Anak-anak yang datang juga diajak menggambar digital, workshop membuat pedang dan tembak dari kertas bekas, make up karakter, kaligrafi. Hingga berlatih pantomime, master ceremony serta mendongeng. 

"Anak-anak senang maka kami juga senang, harapannya di setiap liburan semester bisa istiqomah mengadakan workshop untuk anak-anak. Dengan konsep bermain sambil belajar," harap Ridwan. [liz/lis]

 

 

 

Tag : Liburan, komunitas, bermain



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat