Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

3 Alasan Mengapa Keinginan Anak Tidak Harus Selalu Dituruti

blokbojonegoro.com | Wednesday, 06 July 2022 07:00

3 Alasan Mengapa Keinginan Anak Tidak Harus Selalu Dituruti

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Anak adalah permata hati bagi setiap orang tua. Ayah dan ibu bisa rela melakukan apa pun untuk membahagiakan anak tercinta. Sebagai orang tua, tentunya ada rasa bahagia yang tidak terkira ketika kita mampu memenuhi semua kebutuhan dan keinginan anak.

Walau begitu, ada baiknya orang tua tidak selalu menyetujui permintaan anak dan memberikan apa pun yang anak inginkan. Tentu saja, ada tiga alasan mengapa keinginan anak tidak harus selalu dituruti, berikut di antaranya.

1. Orang tua tidak bisa selamanya memenuhi keinginan anak

Contohnya saja, ketika anak meminta dibelikan sesuatu, orang tua tidak perlu menurutinya setiap kali ia meminta. Jika orang tua masih ada bersama anak dan hidup berkecukupan, tentunya orang tua akan memiliki kemampuan untuk memenuhi apa pun yang anak minta.

Namun, ingatlah bahwa hal tersebut tidak akan berlangsung selamanya. Ada kalanya kondisi finansial orang tua sedang turun, ada saatnya juga orang tua tidak bisa lagi mendampingi anak. Jika anak selalu dituruti kemauannya, anak akan kaget dengan situasi saat ia tidak bisa mendapatkan keinginannya.

2. Menghindarkan sifat egois dari diri anak

Anak yang terbiasa dituruti kemauannya oleh orang tua akan memiliki sifat egois. Kelak, tidak hanya kepada orang tua, ia akan memaksakan kehendaknya kepada semua orang dan sulit berempati. Ia akan tumbuh menjadi seseorang yang arogan, serta tidak mau memahami situasi dan kondisi orang-orang di sekitarnya.

Sebab, ia hanya peduli pada keinginannya sendiri. Sikap orang tua untuk tidak selalu menuruti keinginan anak akan menghindarkan sifat egois tersebut dari diri anak.

3. Mendidik anak belajar bersabar

Dengan tidak selalu mengikuti keinginan anak, orang tua dapat melatih dan mendidik anak untuk belajar bersabar. Sikap ini akan membuahkan pemikiran pada diri anak, bahwa ada waktu yang tepat untuk ia mendapatkan keinginannya, tapi juga tidak setiap hal yang ia mau bisa ia peroleh.

Demikian tiga alasan mengapa keinginan anak tidak harus selalu dituruti. Meski sepintas orang tua terlihat tega, tapi sikap tegas orang tua untuk tidak melulu mengikuti keinginan anak akan membantunya untuk menjadi orang yang lebih baik di masa mendatang.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, keinginan anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini