17:00 . KA Rute Bojonegoro-Yogyakarta Dirindukan Penumpang   |   16:00 . Wamenag RI Kunker ke Bojonegoro, Resmikan Gedung Imam Zarkasyi, Al-Rosyid   |   15:00 . Belum Ada Kabar Baik Soal Persibo, Supporter Akan Wadul Pj Bupati   |   14:00 . Kunjungi 2 Ponpes di Bojonegoro, Begini Pesan Kesan Wamenag RI   |   14:00 . Buktikan Kinerja Unggul, Pertamina Hulu Energi Terapkan Strategi Sinergi Operasi   |   13:00 . Ini Persyaratan Formasi Kesehatan dan Tenaga Teknis PPPK Pemkab Bojonegoro   |   10:00 . Biosaka Bikin Cepat Panen Solusi Efisiensi Biaya   |   08:00 . Suksesnya MSD 2023 Jadi Bentuk Suport Warga ke Desa¬†   |   07:00 . CSR BRI Peduli Salurkan Bantuan Warga Terdampak Bencana Banjir Bandang Malinau   |   20:00 . Peternak Berburu Janggel Jagung Saat Panen Raya   |   19:00 . Petani Jagung NK Wiro Sableng Bungah   |   18:00 . Mampir ke Kantor Kemenag, Wamenag RI Hanya Sholat dan Silaturahmi   |   14:00 . Waspada Hoaks Mengatasnamakan Nomor PJ Bupati Bojonegoro   |   13:00 . Segini Harta Kekayaan Petinggi Kemenkeu yang Jabat Pj Bupati Bojonegoro   |   22:00 . Isi Kekosongan 3 Jabatan, Pemdes Ngampel Gelar Tes Seleksi   |  
Wed, 27 September 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Turun Lapangan, Disnakkan Bojonegoro Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

blokbojonegoro.com | Wednesday, 06 July 2022 15:00

Turun Lapangan, Disnakkan Bojonegoro Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

 

Reporter: M. Anang Febri

blokbjonegoro.com - Menjelang persiapan Hari Raya Iduladha 1443 H, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro menggencarkan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang dijual di sepanjang jalanan area Bojonegoro kota.

Tim kesehatan dari Disnakkan Bojonegoro turun lapangan langsung, memastikan kondisi hewan kurban dan mengimbau pemilik lapak dagangan hewan kurban supaya selalu memperhatikan kesehatan hewan kurban.

"Pada hari ini kami dari tim Kesehatan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di lapak-lapak yang ada di Kota Bojonegoro," ucap Sugiharti Sri Rahayu, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Disnakan Kabupaten Bojonegoro, Rabu (6/7/2022).

Pada pemeriksaan kesehatan hewan siang ini, pihaknya menyisir pelapak hewan kurban sepanjang Jalan Pemuda, Jalan Lisman, Jalan Lettu Suwolo, dan area dalam Kota Bojonegoro.

Dari 2 titik pelapak hewan kurban yang diperiksanya, terdapat sekitar 90 ekor kambing dan domba di Jalan Pemuda Bojonegoro. Yang mana beberapa ditemukan dalam kondisi sakit mata, namun bisa sembuh dalam waktu dekat.

"Lapak-lapak yang sudah kami periksa, kami berikan surat keterangan bahwa lapak yang diperiksa dan memenuhi syarat untuk penyembelihan hewan kurban," lengkapnya kepada blokBojonegoro.com usai melakukan pemeriksaan hewan di Jalan Pemuda Bojonegoro.

Selanjutnya, sehubungan dengan masih adanya virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Kabid Keswan Disnakkan mengimbau masyarakat umum yang ada di Bojonegoro supaya memperhatikan dan memilih hewan ternak yang betul-betul sehat untuk dijadikan kurban.

"Atau yang sudah diperiksa petugas dari Kesehatan Hewan. Jadi, ada kepastian bahwa ternak itu sehat," tandasnya.

Sementara itu, Pak Kusnan yang menggelar lapak hewan qurban di kawasan Jalan Pemuda-Bojonegoro mengaku begitu mendukung giat Disnakkan Bojonegoro yang melakukan pemeriksaan hewan. Dia menyadari, betapa pentingnya kontrol kesehatan hewan kurban di tengah virus PMK ini.

"Sangat mendukung sekali. Karena selama adanya PMK ini kesehatan dan kebaikan bersama. Biar tidak merugikan kita, ya tidak merugikan negara," ungkap Kusnan. [feb/lis]

 

Tag : Disnakkan, hewan, kurban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat