Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BumDes Sarana Mandiri Pejambon, Sumbang PAD Hingga 61 Juta

blokbojonegoro.com | Thursday, 07 July 2022 12:00

BumDes Sarana Mandiri Pejambon, Sumbang PAD Hingga 61 Juta

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Prestasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Sarana Mandiri Desa Pejambon, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro cukup membanggakan. Pasalnya, BUMDesa ini telah menyumbang pendapatan desa, sebesar Rp 61.000.000,00. Tak heran jika BUMDesa Sarana Mandiri masuk nominasi 6 BUMDesa terbaik se-Jawa Timur.

Direktur BUMDesa Sarana Mandiri, Andi Wimratani menyampaikan bahwa BUMDesa Sarana Mandiri Pejambon sudah memberikan kontribusi Pendapatan Asli Desa (PAD) sebesar Rp 61.000.000,00. Namun adanya pandemi covid-19, tentu berdampak pada pendapatan sehingga mengalami penurunan.

"Targetnya di tahun ini, BUMDesa Sarana Mandiri Pejambon bisa kembali bangkit dan memberikan kontribusi yang lebih dari yang sebelumnya," tutur Andi Wimratani.

Bahkan, BUMDesa Sarana Mandiri kini tengah dalam proses penilaian lapangan dalam lomba BUMDesa Jawa Timur tahun 2022. Penilaian lapang dilakukan tim Jawa Timur di Lokasi wisata Edukasi Pejambon (WEP).

Dalam momen ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro terus memberikan pembinaan, hingga pendampingan agar BUMDesa Sarana Mandiri Pejambon bisa menjadi yang terbaik sebagai perwakilan Kabupaten Bojonegoro.

Terpisah, Sekretaris Dinas PMD Bojonegoro, Muridan menuturkan BUMDesa Sarana Mandiri memiliki perkembangan yang sangat baik. Bahkan, keberadaan BUMDesa Sarana Mandiri yang sangat potensial bisa berkontribusi nyata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Hasil kegiatan ini nantinya bisa menjadi bahan pembinaan dan evaluasi bagi BUMDesa yang ada di Kabupaten Bojonegoro pada umumnya. BUMDesa Sarana Mandiri diharap terus berbenah tidak berhenti disini saja," sambung Muridan.

Perlu diketahui, di Bojonegoro sendiri 419 Desa dan yang sudah memiliki BUMDesa tercatat sebanyak 400 Desa. Sisanya hanya ada 19 yang belum memiliki BUMDesa. "Hampir keseluruhan atau 90 persen sudah memiliki BUMDesa di Bojonegoro," ucapnya.

Sementara itu, Tim Penilai DPMD Provinsi Jawa Timur, Indah Binawati menyampaikan BUMDesa Sarana Mandiri sudah menjadi salah satu BUMDesa terbaik se-Jawa Timur. Dengan usaha utamanya berupa desa wisata.

"Kalau wisata ciptaan alam kita tidak usah susah-susah moles. Tetapi kalau wisata semi alam dan buatan ini susah sekali merawatnya, untuk itu membutuhkan kreativitas yang sangat tinggi," tutupnya. [liz/ito]

Tag : bumdes, saran, mandiri, bojonegoro, pejambon, dpmd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini