16:00 . BMKG Juanda: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang   |   15:00 . BPBD Jatim Beberkan Potensi Daerah Rawan Bencana, Termasuk Bojonegoro   |   13:00 . Jalan Darurat Jembatan Kedungjati Kembali Dibuka   |   12:00 . Bupati Bojonegoro Bersama Sekretaris Utama BMKG Tandatangani MoU Mitigasi Bencana   |   07:00 . Tak Perlu Tunggu Tua, Begini Cara Cegah Nyeri Sendi Sejak Muda   |   19:00 . Tren Hijab Segi Empat dan Pashmina Warna Pastel Jadi Idola   |   18:00 . Peringati Hari AIDS, STIKes Rajekwesi Edukasi Masyarakat   |   17:00 . Siapkan Atlet Muda, Igornas Jatim Gelar Balap Sepeda di Bojonegoro   |   15:00 . Damisda Buat Program Pemkab Lebih Terukur   |   14:00 . Berikut Para Juara Lomba pada Gebyar PAI SMA   |   13:00 . MGMP PAI Bojonegoro Gali Minat dan Bakat Siswa Melalui Lomba   |   11:00 . SMP Negeri 1 Kapas Terapkan Program Desasari   |   08:00 . Efek Kepak Sayap Kupu-Kupu   |   17:00 . Akibat Luapan Kali Pacal, Jembatan Penghubung di Sidobandung Ambruk   |   16:00 . BKC Bersama Pemuda Tlogohaji, dan Babinsa Sinergi Perbaiki Rumah Mbah Urip   |  
Tue, 06 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kelompok Produktif Binaan Sahabat Pertamina Tanam Tanaman Obat

blokbojonegoro.com | Friday, 08 July 2022 17:00

Kelompok Produktif Binaan Sahabat Pertamina Tanam Tanaman Obat

 

Reporter: Parto Sasmito

blokbojonegoro.com - Sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat Desa Rahayu dalam memanfaatkan tanaman obat dan sayur keluarga atau lebih dikenal sebagai TOSGA, pada Jumat, 08 Juli 2022 tim Sahabat Pertamina mengadakan acara Penanaman Pertama 1000 Tanaman Telang dan Binahong secara Simbolis.

Bersama dengan Pertamina EP, Sekcam Soko, Kepala Desa Rahayu, Ketua BUmdes, Ketua BPD, dan tim Sahabat Pertamina, kelompok lansia produktif melakukan penanaman pohon di taman Terintegrasi Smart Plus Lansia Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini dibuka dengan sambutan dari Sekcam Soko, di mana dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi program ini dan berterimakasih kepada Pertamina EP beserta tim Sahabat Pertamina dan Kampus Ungu STIKes ICsada karena melalui program ini para warganya mendapatkan pelatihan dan pendampingan yang luar biasa dari berbagai pihak tersebut. "Semoga program ini dapat berkelanjutan dan berlangsung lama sehingga nantinya Desa Rahayu dapat menjadi desa percontohan bagi desa-desa yang yang lain di Kecamatan Soko," jelasnya.

Program ini merupakan pengembangan dari program TOSGA (Tanaman Obat dan Sayur Keluarga) yang masih digarap oleh tim Sahabat Pertamina hingga sekarang diperluas dengan ditanamnya Telang dan Binahong. "Pemilihan tanaman-tanaman tersebut tidak hanya berdasarkan pada nilai kebermanfaatannya dalam segi Kesehatan namun juga dari prospek ke depan dalam segi Ekonomi. Mengingat kelompok produktif desa binaan kami juga memerlukan tanaman tersebut untuk dapat diolah sehingga mendapatkan nilai provit yang lumayan.", terang Ns. Sandy Ovinia Putri, S. Kep selaku tim Pemberdayaan Sahabat Pertamina.

Selain itu, dibukanya taman Terintegrasi ini akan lebih berfokus dulu kepada tanaman Telang untuk dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama memproduksi bunga telang kering dan teh bunga telang seduh. Sebagaimana menyesuaikan keinginan para peminat produk olahan ini ketika EXPO hari Lingkungan Hidup Sedunia di Taman Bermain Anak Hutan Kota Tuban minggu lalu. [ito]

Tag : Sahabat, Pertamina, obat, tanaman



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat