Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

7 Manfaat Sayur Rebung yang Kaya Nutrisi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 13 July 2022 07:00

7 Manfaat Sayur Rebung yang Kaya Nutrisi

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Rebung atau tunas bambu merupakan salah satu jenis sayuran yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rebung diolah menjadi berbagai bahan olahan makanan. Biasanya, rebung ditambahkan ke pangsit, semur, pangsit dan salad.

Rebung memiliki nama latin Dendrocalamus Asper yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, mineral, serat, protein dan zat besi. Manfaat sayur rebung untuk kesehatan sudah menjadi rahasia umum. Rebung sudah menjadi salah satu obat bahan dasar alami untuk mengobati dan mencegah beberapa penyakit. Simak manfaat sayur rebung di bawah ini!

1. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan serat pada rebung baik untuk menurunkan kadar kolesterol (LDL) dalam darah. Hal ini dapat mencegah penumpukan kolesterol agar darah dapat mengalir dengan lancar sehingga dapat menurunkan penyakit jantung.

2. Meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh

Manfaat sayur rebung yang mengandung serat yang tinggi, antioksidan, dan protein ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam rebung ini juga mampu mencegah peradangan dan infeksi bakteri.

3. Menurunkan risiko penyakit kanker

Selain mampu mencegah peradangan, antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah risiko penyakit kanker. Rebung memiliki kandungan lignan dan fitosterol yang membantu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh.

4. Menjaga tubuh tetap ideal

Rebung menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi saat diet karena rendah kalori dan lemak. Nutrisi dalam rebung juga membantu tubuh tetap ideal dan terasa lebih sehat.

5. Mengobati masalah menstruasi

Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat diatasi dengan mengonsumsi olahan rebung. Selain itu, rebung juga dapat mengurangi nyeri persalinan dan mengurangi kehilangan darah saat melahirkan.

6. Mencegah penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular (CVD) merupakan istilah dari serangkaian gangguan yang menyerang jantung dan pembuluh darah. Rebung memiliki kandungan serat, protein, kalium dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular lainnya.

7. Menjaga kesehatan kulit

Rebung dipercaya sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin E dan C dalam rebung ini dapat berfungsi mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Itulah manfaat sayur rebung yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Oleh karenanya, Anda dapat mengonsumsi olahan rebung secara rutin. Semoga bermanfaat!

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini