15:00 . Romo Muslich: 3 Persoalan untuk Merubah Bojonegoro di Masa Depan   |   15:00 . Kuliah Umum di Udayana, SKK Migas Bahas Peran Hulu Migas untuk Energi Nasional   |   14:00 . Lucu dan Menggemaskan, Bayi Jadi Rebutan Netizen   |   13:00 . Viral disosmed, Gadis Diduga Ibu Bayi di Sumberarum, Polisi: Kami Masih Menyelidiki   |   12:00 . Tokoh-tokoh Nasional Asal Bojonegoro Jadi Pemateri di Kajian Sor Keres   |   10:00 . Ya Allah, Baru Lahir Bayi Perempuan Ditinggal di Bawah Pohon di Desa Sumberarum   |   08:00 . Tak Cuma Bobol Akun Medsos 24 Kru Narasi, Twitter Mata Najwa Ikut jadi Target Hacker   |   07:00 . Penting! Jangan Lewatkan Sesi Pemanasan dan Pendinginan saat Olahraga, Ini Manfaatnya   |   18:00 . Capaian IPM Bojonegoro Meningkatkan Hingga 23,60 Persen   |   16:00 . Tersapu Angin, Rumah dan Atap Sekolah di Ngasem Roboh   |   14:00 . Berikut Petunjuk Praktis Menghadapi Musim Penghujan dari BNPB   |   09:00 . Pembebasan Lahan untuk Bendung Gerak Karangnongko Tunggu Appraisal   |   08:00 . Asah Skill Menulis, HMP PAI UNUGIRI Adakan Seminar Pembuatan Makalah   |   07:00 . Tanya Seksolog: Dok, Kenapa Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda?   |   18:00 . Minibus Seruduk Truk di Baureno, 3 Orang Meninggal di Tempat   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Relokasi Lokal Pasar Krempyeng Ngumpakdalem, Penjual Berharap Dagangan Tetap Laris

blokbojonegoro.com | Thursday, 14 July 2022 20:00

Relokasi Lokal Pasar Krempyeng Ngumpakdalem, Penjual Berharap Dagangan Tetap Laris Suasana Baru Pasar Krempyeng Ngumpakdalem di area GOR Dabonsia Mulai Padat Pembeli. (Foto: blokBojonegoro.com/Febri)

Reporter : M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Hilir mudik kendaraan di sepanjang Jl. K.H. R. Moh. Rosyid turut Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander, sejak pagi terpantau sepi. Jalur arteti yang biasanya setiap pagi pasti padat oleh para pedagang pasar krempyeng ini, jadi senyap oleh aktivitas jual beli setelah relokasi lokal.

"Semua pedagang sudah beralih di sini semua, di area GOR Dabonsia. Kalau di jalan raya sana biasanya kan sangat ramai dan padat," ujar Nur, salah satu pedagang di pasar krempyeng Ngumpakdalem yang kini beralih jualan di kawasan GOR Dabonsia, Kamis (14/7/2022).

Relokasi lokal, dari jualan di tepian jalan raya ke jalanan desa yang terbilang sedikit masuk, dinilai kurang strategis bagi penjual untuk bertatap langsung dengan pembeli yang sekali mampir langsung beli.

Dulu, pembeli yang berasal dari sekitaran Desa Ngumpakdalem, terkhusus penghuni perumahan sekitar, sering mampir di pasar krempyeng yang bersentuhan langsung dengan ramainya lalulintas pagi hari. Pengguna jalan yang melintas juga tak sedikit yang mampir, untuk beli kebutuhan dasar maupun jajajan.

Hasil dari pada membeludaknya pembeli, sangat berlengaruh dengan kondisi jalan. Tak jarang pembeli seenaknya sendiri memarkirkan kendaraan ditepi jalan, bahkan memakan bagan jalan jikalau antrean transaksi pasar krempyeng ramai.

"Maka dari itu, pasar krempyeng saat di jalan raya sangat ramai. Pembeli kadang parkir sembarangan, sedangkan kendaraan juga padat, apalagi kalau jam berangkat sekolah, rawan kecelakaan. Makanya dari pihak desa berembuk agar lokasi pasar krempyeng di pindah sini," lengkapnya lagi.

Kepala Desa (Kades) Ngumpakdalem, Burhani mengaku telah merencanakan relokasi pasar dadakan itu sejak jauh hari. Pihaknya juga telah melakukan dialog dan pertemuan kepada semua pedagang supaya mau mengerti perihal keamanan dan kenyamanan ketika berdagang.

Upaya musyawarah dan pertemuan para pedagang untuk semua lapak dipindahkan menjadi sentral di area GOR Dabonsi, sempat menuai beragam tanggapan. Beberapa pedagang sempat bersikukuh tak mau pindah, sebab akses jualan sudah nyaman dan dekat rumah.

"Memang ada beberapa yang gak mau pindah jadi satu tempat, lebih memilih membuka lapak dagangannya di depan rumah yang berdekatan dengan lokasi awal jualan. Tapi semua sudah clear," papar Kades Ngumpakdalem.

Rasa enggan berpindah lapak dagangan sempat dirasa oleh Bu Um, penjual daging ayam yang hampir 10 tahun memutarkan ekonominya di pasar krempyeng dekat jalan raya. Ia sempat ragu, bagaimana mungkin ada pembeli yang sudi harus masuk lagi ke jalanan kampung area GOR. Padahal, sebelumnya para pelanggannya sudah banyak dan hafal titiknya berjualan.

"Ya takut kehilangan pembeli. Tadi sempat ragu, tapi langsung saja ikut pindah. Cari tempat untuk lapak, dan Alhamdulillah masih ada banyak pembeli. Semoga saja pedagang disini jualannya tetap laris," ungkapnya berharap. [feb/ito]

 

BACA BERITA blokBojonegoro.com SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

Tag : pasar, ngumpakdalem, dander, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat