09:00 . Penemuan Makam di Tengah Hutan   |   08:00 . Hilang STNK NoPol S-3124-DG   |   07:00 . Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak   |   20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |   15:00 . Harga Antam Turun Tajam, Berikut Daftar Harganya   |   14:00 . Realisasi PAD Bojonegoro Capai Rp47,8 M, PPJ Sumbang Angka Tertinggi   |   13:00 . Persibo Buka Seleksi Pemain, Eks Liga 2021 Apakah Masih Digunakan?   |   12:00 . Resmi Mendaftar, Gerindra Bojonegoro-Tuban Satukan Kekuatan Menangkan Prabowo   |   11:00 . Suarakan Tuntutannya, Federasi Serikat RTMM SPSI Akan Ikuti Long March Sejuta Buruh di Surabaya   |   10:00 . FGD VMTS, Prodi PAI Proyeksikan Buka Kelas International   |   09:00 . Terdakwa Percobaan Pemerkosaan Tetangga di Dander Divonis 2,6 Tahun Penjara   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menag Sampaikan 12 Catatan Evaluasi Haji 2022 kepada Arab Saudi

blokbojonegoro.com | Saturday, 16 July 2022 08:00

Menag Sampaikan 12 Catatan Evaluasi Haji 2022 kepada Arab Saudi

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan 12 catatan pelaksanaan puncak haji 2022 di Arafah, Muzdhalifah, dan Mina (Armuzna). Hal itu disampaikan dalam rapat evaluasi dengan delegasi Amirul Hajj.

"Semua catatan evaluasi ini sudah disampaikan kepada Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah," kata Yaqut di Makkah, Rabu (14/7/2022) waktu setempat.

Yaqut menyampaikan 12 catatan yang perlu diperbaiki itu yaitu pemeriksaan kesehatan jamaah untuk mendeteksi jamaah risiko tinggi sebelum berangkat; optimalisasi fungsi televisi hotel dan sosial media untuk sosialisasi; dan pembinaan penyusunan program kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH).

Lalu penyiapan naskah khutbah wukuf di tenda jamaah; mengefektifkan koordinasi petugas haji Indonesia dengan petugas maktab; posko haji khusus di hotel terdekat Masjidil Haram dan Nabawi; dan desain baju petugas ditambah identitas negara Indonesia berbahasa Arab.

Kemudian memperbanyak toilet wanita di Arafah dan Mina; penguatan manasik haji di Tanah Air; penyiapan kursi roda dan mobil golf untuk evakuasi jamaah sakit di Mina; peningkatan kualitas pembimbing ibadah haji (TPIHI) dengan penguasaan fikih haji yang baik; serta petugas Pertolongan Pertama pada Jamaah Haji (P3JH) diisi orang dengan pengetahuan medis dan fisik kuat.
Selain catatan yang perlu diperbaiki tersebut, Yaqut juga menyampaikan kepada Menteri Haji Saudi soal biaya masyair yang terlalu tinggi.

"Kami berdua sepakat untuk meningkatkan kualitas layanan haji yang tahun ini sudah berjalan baik dan akan terus memperbaiki sejumlah kekurangan yang ada," kata Menag.

Menurut Yaqut, Menteri Haji Arab Saudi berkomitmen untuk merespons masukan yang disampaikan Pemerintah Indonesia.
Selain itu, bakal ada pembicaraan lebih awal terkait dengan ibadah haji tahun depan. Selanjutnya, Kementerian Agama RI serta Menteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi akan membentuk tim bersama yang bertugas melakukan evaluasi dan perbaikan pelaksanaan haji.

Baca selengkapnya di artikel "Menag Sampaikan 12 Catatan Evaluasi Haji 2022 kepada Arab Saudi", https://tirto.id/gt4d

 

BACA BERITA blokBojonegoro.com SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

 

 

 

 

Tag : evaluasi haji indonesia, jemaah haji indonesia



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat