09:00 . Penemuan Makam di Tengah Hutan   |   08:00 . Hilang STNK NoPol S-3124-DG   |   07:00 . Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak   |   20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |   15:00 . Harga Antam Turun Tajam, Berikut Daftar Harganya   |   14:00 . Realisasi PAD Bojonegoro Capai Rp47,8 M, PPJ Sumbang Angka Tertinggi   |   13:00 . Persibo Buka Seleksi Pemain, Eks Liga 2021 Apakah Masih Digunakan?   |   12:00 . Resmi Mendaftar, Gerindra Bojonegoro-Tuban Satukan Kekuatan Menangkan Prabowo   |   11:00 . Suarakan Tuntutannya, Federasi Serikat RTMM SPSI Akan Ikuti Long March Sejuta Buruh di Surabaya   |   10:00 . FGD VMTS, Prodi PAI Proyeksikan Buka Kelas International   |   09:00 . Terdakwa Percobaan Pemerkosaan Tetangga di Dander Divonis 2,6 Tahun Penjara   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tiga Dimensi Kemabruran Menurut Wamenag saat Lepas Kepulangan Jemaah Haji

blokbojonegoro.com | Saturday, 16 July 2022 09:00

Tiga Dimensi Kemabruran Menurut Wamenag saat Lepas Kepulangan Jemaah Haji

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Fase pemulangan jemaah haji dimulai. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid melepas kepulangan kloter pertama jemaah asal Embarkasi Solo (SOC 1) di Hotel Al-Keswah, Jarwal, Makkah.

Dilansir dari laman Kemenag RI www.kemenag.go.id, hadir para delegasi Amirul Hajj, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), para staf khusus Menteri Agama, serta pejabat Eselon II Ditjen PHU.

Wamenag menyampaikan selamat kepada jemaah yang setelah 42 hari menjalani perjalanan ibadah haji, akhirnya akan segera kembali ke Tanah Air. Menurutnya, tujuan dari proses panjang itu adalah untuk mencapai haji mabrur yang balasannya adalah surga.

Dijelaskan Wamenag, ada dimensi kemabruran. Pertama, Dimensi Ilahiyah. "Kemabruran haji mengantarkan seseorang semakin meningkat iman dan takwanya," terang Wamenag di Makkah, Kamis (14/7/2022) malam.

Kedua, Dimensi Insaniyah. Menurutnya, kemabruran haji akan menyempurnakan nilai-nilai kemanusiaan. Sehingga, orang yang berhaji menjadi aemakin baik akhlak dan budi pekertinya.

"Hal ini, antara lain ditandai dengan semangat memberi kedamaian atau afsus salam; menjaga ucapannya atau athyabul kalam; dan kemauan berbagi dan memberi makan atau ith'amuth tha'am," tuturnya.

Ketiga, Dimensi Wathaniyyah. Haji menumbuhkan dan menguatkan rasa cinta tanah air. Meskipun di Tanah Suci ini banyak tempat-tempat mustajabah untuk berdoa, ada Ka'bah, Masjidil Haram, Mas'a, Multazam, Maqam Ibrahim, dan lainnya, namun tetap saja ada kerinduan untuk kembali ke Tanah Air. Ini merupakan cerminan dari nilai keimanan yang tidak bisa dipisahkan.

"Allah menciptakan Indonesia sungguh luar biasa. Indah alamnya, ramah masyarakatnya, murah senyum, sopan santun, agamis dan relegius. Mari kita tingkatkan rasa cinta kita kepada tanah air kita," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wamenag juga menyampaikan permohonan maaf dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, jika ada kekurangan dalam melayani jemaah haji. "Meskipun kami sudah menyiapkan persiapan haji ini dengan maksimal, namun tidak bisa kami pungkiri pasti ada hal-hal yang kurang dan tidak sesuai dengan harapan," sebutnya.

Menteri Agama, lanjut Wamenag, juga sudah memerintahkan untuk segera menyiapkan haji tahun 1444 H atau tahun 2023 agar bisa lebih baik lagi. "Kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan tahun depan," jelasnya.

"Sampaikan salam kami untuk keluarga dan handai taulan," tandasnya.

 

 

BACA BERITA blokBojonegoro.com selengkapnya di GOOGLE NEWS

 

 

 

 

Tag : kepulangan jemaah haji, jemaah haji indonesia, haji tahun 2022



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat