Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Belajar Demokrasi, MI Najil Ummah Selenggarakan 'Pemilu' di Sekolah

blokbojonegoro.com | Wednesday, 20 July 2022 14:00

Belajar Demokrasi, MI Najil Ummah Selenggarakan 'Pemilu' di Sekolah

 

Reporter: Rizki Nur Diansyah 

blokBojonegoro.com - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Najil Ummah Desa Kenep, Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, memberikan pembelajaran demokrasi secara langsung. Hal itu ditunjukan dengan diselenggarakan 'Pemilu' di sekolah setempat, Selasa (19/7/2022), saat memilih ketua kelas.

Prosesi Pemilihan Ketua Kelas (Pilkelas) dikemas layak 'Pemilu' lengkap seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mulai KPPS, saksi, pengawas, bilik suara, kotak suara, tinta dan kelengkapan lainnya seperti di TPS (Tempat Pemungutan Suara) saat Pemilu.

Namun sebelum Pilkelas dimulai, seluruh siswa yang akan memilih calon ketua kelas mengikuti apel di halaman madrasah setempat, untuk dilakukan pembinaan dan alur pencoblosan. Sedangkan calon ketua kelas duduk rapi didepan, sesuai nama dan nomor urut calon.

Kepala Sekolah MI Najil Ummah, M. Sholikin mengungkapkan, proses pemilihan ketua kelas dikemas berbeda dengan yang lainnya dan semenarik mungkin. Supaya seluruh siswa antusias mengikuti pemilihan ketua kelas, karena berlangsung bersama-sama seluruh kelas.

"Pemilihan ketua kelas dikemas seperti Pemilu, sebagai pembelajaran demokrasi sejak dini. Agar memahami politik dan memilih calon yang baik untuk memajukan kelasnya," ungkapnya.

Disampaikan Sholikin, selain melatih demokrasi siswa, Pilkelas ini juga melatih kepemimpinan dan belajar mandiri anak-anak. "Supaya besok kalau sudah dewasa, mereka sudah mempelajari demokrasi di sekolah," pungkasnya.

Tampak saat proses pelaksanaan Pilkelas, seluruh siswa begitu antusias mengikuti dengan tertib. Pasalnya mereka tetap menunggu antrian panggilan oleh KPPS untuk menggunakan hak pilihnya. [riz/lis]

Baca selengkapnya di Google News

 

 

 

Tag : Pemilu, sekolah, ketua



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini