09:00 . Penemuan Makam di Tengah Hutan   |   07:00 . Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak   |   20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |   15:00 . Harga Antam Turun Tajam, Berikut Daftar Harganya   |   14:00 . Realisasi PAD Bojonegoro Capai Rp47,8 M, PPJ Sumbang Angka Tertinggi   |   13:00 . Persibo Buka Seleksi Pemain, Eks Liga 2021 Apakah Masih Digunakan?   |   12:00 . Resmi Mendaftar, Gerindra Bojonegoro-Tuban Satukan Kekuatan Menangkan Prabowo   |   11:00 . Suarakan Tuntutannya, Federasi Serikat RTMM SPSI Akan Ikuti Long March Sejuta Buruh di Surabaya   |   10:00 . FGD VMTS, Prodi PAI Proyeksikan Buka Kelas International   |   09:00 . Terdakwa Percobaan Pemerkosaan Tetangga di Dander Divonis 2,6 Tahun Penjara   |   07:00 . Sangat Berharga bagi Penderita Depresi, Begini Cara Membantu Penyintas Gangguan Mental   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Cara Menenangkan Diri Sendiri saat Depresi

blokbojonegoro.com | Saturday, 23 July 2022 07:00

5 Cara Menenangkan Diri Sendiri saat Depresi

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Jika kamu mengalami depresi, yang terbaik adalah pergi untuk mendapatkan bantuan dari terapis. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari terapimu, kamu juga dapat melakukan hal-hal untuk membantu menenangkan dirimu sendiri.

Berikut adalah lima hal yang dapat kamu lakukan untuk merasa lebih baik. Hal-hal ini mungkin tampak sederhana, tetapi mereka dapat banyak membantu.

1. Berolahraga

Lakukan jalan cepat selama 15 hingga 30 menit setiap hari. Atau kamu bisa menari, meregangkan tubuh, atau melakukan yoga. Orang yang mengalami depresi mungkin tidak merasa ingin aktif. Tapi buatlah dirimu tetap melakukannya.

Jika kamu membutuhkan dorongan, mintalah seorang teman untuk melakukannya bersamamu. Memulai aktivitas apa pun membantu meningkatkan suasana hatimu.

2. Makan makanan sehat

Beberapa orang yang depresi tidak punya nafsu makan dan beberapa mungkin makan berlebihan. Tetapi apa yang kamu makan dapat memengaruhi suasana hati dan energimu. Jadi jika depresi, kamu harus yakin untuk makan dengan benar.

Makan banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Batasi karbohidrat dan makanan dengan tambahan gula. Jangan terus-terusan tidak nafsu makan. Bahkan jika kamu tidak merasa lapar, makanlah sesuatu yang ringan dan sehat.

3. Jangan terpaku pada masalah

Membicarakan masalah dengan teman yang peduli bisa terasa menyenangkan. Tetapi depresi dapat membuat orang terlalu banyak mengeluh, menyalahkan, dan mengulangi masalah. Hal itu bisa membuat kamu tetap fokus pada apa yang salah.

Tidak apa-apa untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan kamu dengan orang-orang yang peduli. Tapi jangan biarkan masalah menjadi semua yang kamu bicarakan. Bicara tentang hal-hal yang baik juga. Ini dapat membantu suasana hatimu agar menjadi lebih positif.

4. Ekspresikan dirimu

Dengan depresi, kreativitas dan rasa senangmu mungkin tampak terhalang. Karena itu, paksakan dirimu untuk lebih mengekspresikan dirimu. Melukis, menggambar, mencoret-coret, menjahit, masak, menulis, menari, dan membuat musik.

Temukan sesuatu untuk ditertawakan. Tonton film lucu. Lakukan hal-hal yang bisa kamu nikmati walaupun sedikit. Hal itu dapat membantu meringankan perasaan depresi.

5. Perhatikan hal-hal yang baik

Depresi mempengaruhi pandangan seseorang terhadap sesuatu. Hal-hal bisa tampak suram, negatif, dan tanpa harapan. Untuk mengubah pandanganmu, buatlah tujuan untuk memperhatikan setidaknya 3 hal baik setiap hari. Semakin kamu memperhatikan apa yang baik, semakin kamu melupakan masalahmu.

Yang terpenting, jika kamu mengalami depresi, tunjukkan pada diri kamu belas kasih dan kebaikan. Saat kamu mengalami masa sulit, ada baiknya mengetahui bahwa kamu tidak sendirian. Bersabarlah dengan dirimu sendiri. Depresi membutuhkan waktu untuk sembuh.

Nah, itulah kelima cara yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan diri ketika depresi. Apakah kamu sudah mencobanya?

*Sumber suara.com

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

Tag : pendidikan, kesehatan, depresi, mengatasi depresi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat