07:00 . 19 Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi   |   23:00 . Inilah Jejak Karier DR. Didik Farkhan Alisyahdi, Kajati Banten   |   22:00 . Didik Farkhan, Putera Terbaik Bojonegoro Jabat Kajati Banten   |   20:00 . IHC RSPP Jadi Bagian Mayo Clinic Care Network   |   16:00 . Limbah Sampah di TPA Diolah Jadi Bensin dan Solar   |   14:00 . Selama Tahun 2022, PETI Dominasi Kasus Hukum Sektor Pertambangan Minerba   |   13:00 . Diberangkatkan Bupati, STIKES Rajekwesi Mulai KKN Tematik Desa Tangguh   |   07:00 . 7 Cara Bersyukur Setiap Hari, Hidup Akan Lebih Bahagia   |   23:00 . Libatkan Puluhan Pekerja Kreatif dan Ratusan Ekstras asli Bojonegoro   |   22:00 . Tangis Haru Mbah Painem Asal Gondang Bisa Masuk Film Internasional   |   20:00 . Tayang Perdana di Bojonegoro, Film Autobiography Disambut Warga   |   19:00 . Jalan Utara Pasar Kota Bojonegoro Jadi Dua Arah, Dishub : Murni Program Pemkab   |   18:00 . Benarkah Pedagang Pasar Wisata Akan Ditarik Iuran Rp200 Ribu?   |   16:00 . Angka Partisipasi Daftar PPS Tinggi, KPU Provinsi Jatim Beri Apresiasi   |   15:00 . Healing Budget Minimalis, Nikmati Kopi Senja di Flyover Gayam   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mengenal Sejarah Kampung Thengul di Wilayah Margomulyo

blokbojonegoro.com | Saturday, 23 July 2022 17:00

Mengenal Sejarah Kampung Thengul di Wilayah Margomulyo

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Wayang Thengul merupakan jenis kesenian wayang yang berasal dari Kabupaten Bojonegoro. Wayang Thengul hampir mirip dengan wayang golek, namun perbedaan yang jelas terlihat berasal dari cerita yang diangkat dan juga karakter tokoh yang ditampilkan. 

Jika pada Wayang Golek lebih banyak mengangkat cerita dari Wayang Purwa seperti Mahabarata dan Ramayana. Justru Wayang Thengul banyak mengangkat cerita rakyat seperti halnya cerita Wayang Gedhog, yaitu cerita kerajaan Majapahit, cerita panji serta cerita para Wali. Selain itu juga ada yang menceritakan cerita dari Serat Damarwulan.

Wayang yang menggunakan perangkat boneka kayu bulat dan tebal. Bagian bawah dan kaki dibalut dengan pakaian dan kain (sarung) di mana tangan sang dalang masuk ke dalamnya. Tampak, sang dalang menggerak-gerakkan boneka tersebut dengan ibu jari dan jari telunjuk, sedangkan tiga jari lain memegang tangkai wayang. 

Boneka sebelah atas biasanya telanjang, kecuali pada beberapa pelawak dan pahlawan, memakai baju sikepan. Berbeda dengan wayang kulit pada umumnya, layar (kelir) yang digunakan terdapat lubang kotak di tengahnya. Sehingga penonton juga dapat menyaksikan dari arah belakang layar. Wayang ini berbentuk boneka 3 dimensi dan biasanya dimainkan dengan diiringi gamelan pelog/slendro. 

Jalan cerita yang sering dimainkan dari kesenian ini lebih banyak mengambil cerita menak, seputar kisah Umar Maya, Amir Hamzah, Damar Wulan, Cerita Panji, sejarah Majapahit dan kisah Betoro Kolo yang biasa dipentaskan untuk ruwatan.

Salah satu penggagas Kampoeng Thengul, Wintari mengatakan, dengan adanya perkembangan zaman yang semakin modern. Kesenian ataupun budaya yang asli berasal dari Bojonegoro, harus tetap dilestarikan dan jangan sampai musnah di telan bumi. 

"Kampoeng Thengul ini memang kita dirikan dengan bertujuan agar generasi penerus kita bisa lebih dikenal. Dan di Kampoeng Thengul ini kita juga mempunyai sanggar tari Thengul, Alhamdulillah banyak peminat dari kalangan anak-anak untuk belajar menari tarian Thengul khas dari Bojonegoro ini," ungkap Wintari. 

Camat Margomulyo, Dyah Enggarini memaparkan, sejarah Kampoeng Thengul merupakan sebuah dusun dimana awalnya ingin memberikan nilai tambah dari seni yang sudah ada embrionya. Yakni adanya seorang dalang sekaligus perajin wayang Thengul, yaitu Mbah Sumarno yang berasal dari Desa Sumberejo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro. 

Maka tercetuslah sebuah ide, Kampoeng Thengul dengan harapan Thengul tidak hanya sebagai pementasan wayang. Tetapi juga akan mengangkat Thengul ini menjadi sebuah seni atau budaya yang memberikan nilai ekonomi kepada warga."Serta dapat memberikan edukasi kepada generasi masa kini untuk melestarikan dan mencintai budaya khas Bojonegoro," pungkasnya. [liz/ito]

BACA BERITA blokBojonegoro.com SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

 

Tag : Kampung, thengul, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more