12:00 . Tokoh-tokoh Nasional Asal Bojonegoro Jadi Pemateri di Kajian Sor Keres   |   10:00 . Ya Allah, Baru Lahir Bayi Perempuan Ditinggal di Bawah Pohon di Desa Sumberarum   |   08:00 . Tak Cuma Bobol Akun Medsos 24 Kru Narasi, Twitter Mata Najwa Ikut jadi Target Hacker   |   07:00 . Penting! Jangan Lewatkan Sesi Pemanasan dan Pendinginan saat Olahraga, Ini Manfaatnya   |   18:00 . Capaian IPM Bojonegoro Meningkatkan Hingga 23,60 Persen   |   16:00 . Tersapu Angin, Rumah dan Atap Sekolah di Ngasem Roboh   |   14:00 . Berikut Petunjuk Praktis Menghadapi Musim Penghujan dari BNPB   |   09:00 . Pembebasan Lahan untuk Bendung Gerak Karangnongko Tunggu Appraisal   |   08:00 . Asah Skill Menulis, HMP PAI UNUGIRI Adakan Seminar Pembuatan Makalah   |   07:00 . Tanya Seksolog: Dok, Kenapa Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda?   |   18:00 . Minibus Seruduk Truk di Baureno, 3 Orang Meninggal di Tempat   |   14:00 . 10 Model Cilik Meriahkan CFD, Pamerkan Tenun dan Lurik   |   13:00 . Ini 5 Wisata Air Terjun di Bojonegoro untuk Liburan   |   09:00 . Lebih Dekat Melihat Masjid Agung Jawa Tengah   |   09:00 . Live Pelantikan Bersama PRNU dan LAZIZNU Ranting Se Wakil Cabang Kanor   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gubernur Khofifah Buka Jatim Kominfo Festival

blokbojonegoro.com | Tuesday, 26 July 2022 17:00

Gubernur Khofifah Buka Jatim Kominfo Festival

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro mengikuti Jatim Kominfo Festival (JKF) 2022. Event ini nantinya akan berlangsung selama empat hari, mulai Senin (25/7/2022) hingga Kamis (28/7/2022) di Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

Turut hadir Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Walikota Punjul Santoso, Bupati/Walikota se-Jatim, Kepala OPD Provinsi Jatim, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Kepala Dinas Kominfo Provinsi se-Indonesia, jajaran Forkopimda Batu, serta peserta dari Dinas Kominfo seluruh Provinsi Jawa Timur dan tamu undangan.

JKF 2022 ini mengambil tema Optimis Jatim Bangkit dengan Akselerasi Transformasi Digital. Pembukaan acara diawali dengan penyerahan santunan anak yatim oleh Gubernur Jatim. Selanjutnya pagelaran Tarian Suko Syukur dari Sanggar Tari Tribuana Binaan Budpar Batu.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jatim, Hudiono mengungkapkan, penyelenggaraan Jatim Kominfo Festival (JKF) dilatarbelakangi dengan komunikasi dan informasi publik yang menjadi tulang punggung utama institusi pemerintah sebagai informasi keberhasilan program pemerintah.

Saat ini, masyarakat menginginkan informasi tepat dan cepat yang berkenaan dengan program pemerintah yang dekat dengan masyarakat. Untuk itu, pemerintah terus berbenah diri untuk meningkatkan percepatan informasi.

"Beberapa di antaranya melalui media online dan media sosial sebagai saluran percepatan informasi. Dengan adanya peralihan TV analog ke siaran TV digital juga menjadi ruang besar untuk melakukan komunikasi publik sekaligus meningkatkan literasi digital," tutur Hudiono.

Perlu diketahui, JKF sendiri merupakan transformasi dari Pekan KIM dengan inovasi di bidang komunikasi dan informatika khususnya pemerataan infrastruktur TIK. JKF juga diharapkan mampu menjadi etalase bagi kemajuan komunikasi seperti perluasan digital melalui jaringan.

"Dengan maksud dan tujuan untuk mempublikasikan inovasi komunikasi publik, teknologi, serta pengelolaan data statistik. Kegiatan ini bersamaan dengan rangkaian kegiatan seperti workshop, rakor ataupun kegiatan kominfo lainnya," tambahnya.

Sementara itu, Walikota Batu Dewanti Rumpoko, memaparkan jika dipilihnya Kota Batu menjadi tuan rumah JKF, menjadi berkah bagi Kota Batu. Saat ini pun, dunia komunikasi dan informasi memegang peranan penting terutama peran informasi dan informatika. Pelaksana literasi digital sudah menjadi program nasional.

"Melalui SPBE mampu mengintegrasi seluruh kebijakan, KIM menjadi talenta kreatif di dunia broadcast. Mereka manjadi ujung tombak sumber informasi di tingkat masyarakat," katanya.

Senada disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, bahwa materi JKF sangat banyak. Sehingga harus diurai, dilakukan breakdown dan disiapkan karena berkaitan dengan startup, berapa target startup di Jatim dan digital ekosistem untuk UKM.

Prediksi Jack Ma, kata Gubernur, di 2030 yang disampaikan melalui World Economic Forum bahwa backbone (tulang punggung) ekonomi dunia 80 persen bergantung pada UMKM. UMKM di dunia 80 persen bakal menjadi e-commerce dan 99 persen akan menjadi online.

"Bagaimana kita menghadapi digital untuk UKM, kenapa diperlukan penguatan? Karena 57,81 persen kontribusi PDRB di Jatim dari sektor UMKM," sambung Gubernur Jatim.

Maka, pola dalam pengembangan startup diperlukan. Tugas pemerintah untuk menjaga, mengawal dan merealisasikan tranformasi digital. Bahwa, transformasi informasi yang menjaga dan mengawal kesatuan RI. "Untuk itu, kami berharap terbangunnya kolaborasi satu dengan lain yang saling menguatkan. Kita perlu konten positif yang membangun, produktif dan semangat," pungkas Gubernur Jatim. [liz/lis]

 

 

Tag : Gubernur, Jatim, Kominfo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat