16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jadi Pintu Masuk Nutrisi, Ini Pentingnya Kesehatan Saluran Pencernaan untuk Tumbuh Kembang Anak

blokbojonegoro.com | Tuesday, 26 July 2022 07:00

Jadi Pintu Masuk Nutrisi, Ini Pentingnya Kesehatan Saluran Pencernaan untuk Tumbuh Kembang Anak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kita semua tahu bahwa nutrisi yang tepat jadi kunci untuk tumbuh kembang anak. Dan agar nutrisi bisa masuk dan terserap dengan baik ke dalam tubuh, dibutuhkan saluran pencernaan yang sehat.

Menurut dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K), saluran pencernaan merupakan organ yang sangat penting, karena merupakan satu-satunya pintu masuk nutrisi ke dalam tubuh.

"Dan nutrisi adalah salah satu faktor penting untuk pertumbuhan otot dan perkembangan otak," kata dr. Frieda saat virtual media gathering, Kamis (21/7/2022), sikutip dari Antara.

"Bila saluran pencernaan sehat, nutrisi dan semua yang masuk dapat diserap dengan baik sehingga zat-zat yang dihasilkan dapat dipakai untuk tumbuh kembang anak-anak kita," sambungnya.

Di dalam saluran pencernaan, terdapat mikrobiota usus yang mempengaruhi pencernaan, imunitas, dan sumbu usus-otak atau gut-brain axis. Dan yang istimewa, di dalam saluran pencernaan ini juga terdapat sel imun terbesar di dalam tubuh.

"Ada sekitar 80 persen sel imun tubuh ada di saluran pencernaan, sehingga bila saluran pencernaan anak sehatm maka daya tahan tubuhnya pun kuat," imbuh dr. Frieda.

Di dalam saluran pencernaan ini juga terdapat 180 juta neuron yang mensekresi berbagai neurotransmitter yang dapat meregulasi mood. Dan anak-anak yang memiliki saluran pencernaan yang sehat, menurut dr. Frieda, terlihat dari ciri-ciri di antaranya dapat bersosialisasi dengan baik, suasana hatinya baik, serta tidak ada keluhan saluran cerna seperti sakit perut, diare, sembelit, maupun muntah.

Selain itu, anak-anak yang memiliki saluran pencernaan sehat juga dapat lebih fokus saat menerima pelajaran di sekolah, berperilaku baik kepada orang-orang di sekitarnya, dan senang membantu teman.

"Karena bakteri ususnya seimbang dan menghasilkan neurotransmitter atau pembawa informasi yang kaya jumlahnya dan kualitasnya baik, ini membuat anak bisa fokus, moodnya baik, senang bantu teman, dan sebagainya," kata dr. Frieda.

Nah, agar anak memiliki saluran pencernaan yang sehat dan pertumbuhan yang baik, tentu saja anak harus mendapatkan nutrisi yang seimbang, yang terdiri dari makronutrien dan mikronutrien.

Makronutrien terdiri dari di antaranya karbohidrat, protein, dan lemak. Lemak dalam hal ini, termasuk asam lemak esensial yakni omega 3, omega 6, dan minyak ikan. Asam lemak esensial harus didapatkan dari asupan konsumsi makanan bergizi maupun suplemen. Sementara itu, yang termasuk dalam mikronutrien di antaranya vitamin, kalsium, magnesium, dan zat besi.

*Sumber: suara.com

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

Tag : nutrisi anak, kesehatan saluran pencernaan, pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat