21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ingin Jadi Psikolog? Ketahui 8 Tahapannya di Sini

blokbojonegoro.com | Wednesday, 27 July 2022 09:00

Ingin Jadi Psikolog? Ketahui 8 Tahapannya di Sini

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Psikolog menjadi salah satu profesi yang saat ini banyak diminati dan dibutuhkan. Profesi psikologi berkaitan menangani kasus-kasus kejiwaan, mendiagnosa pasien hingga memberikan terapi. Profesi ini nyatanya dibutuhkan oleh masyarakat untuk memberikan konseling, terapi atau teman dalam mempertimbangkan dinamika dan masalah kehidupan.

Bila Anda ingin menjadi seorang psikolog banyak persyaratan dan tahapan yang harus diketahui. Anda juga harus memiliki daftar riwayat hidup yang berkaitan dengan profesi tersebut. Dalam membuat daftar riwayat hidup Anda bisa dapatkan info selanjutnya di link tersebut.

Terdapat tahapan-tahapan bagi Anda untuk bisa menjadi seorang psikolog. Anda harus menempuh pendidikan yang berkaitan dengan psikolog, melakukan penelitian, hingga mengikuti sidang profesi. Selengkapnya simak 8 tahapan untuk menjadi seorang psikolog.
 
8 Tahapan Menjadi Seorang Psikolog

Tidak sulit sebenarnya menjadi seorang psikolog, Anda cukup mengikuti beberapa tahapan pendidikan. Terdapat 8 tahapan menjadi seorang psikolog yang patut disimak. Berikut 8 tahapan menjadi seorang psikolog.

1. Ambil kuliah jurusan psikologi

Tahap awal yang harus dilakukan untuk menjadi seorang psikolog yaitu mengambil jurusan S1 psikologi. Anda akan belajar tentang dasar-dasar ilmu psikologi. Di tahap pertama ini mungkin bisa menjadi hal yang tidak mudah terutama bagi Anda yang baru tahu tentang ilmu-ilmu psikologi.

Anda juga harus menyelesaikan kuliah selama 3,5 tahun hingga 4 tahun. Jika tidak tepat waktu, Anda bisa lebih lama menempuh perkuliahan tersebut hingga proses menuju profesi psikolog juga bisa lebih lama. Anda harus mengerjakan tugas yang diberikan dosen, membuat proposal, mengikuti ujian akhir semester, mengikuti magang atau KKN hingga mengerjakan skripsi.

2. Selesaikan skripsi dan lakukan penelitian

Mahasiswa psikologi yang sudah menempuh semester 7 atau 8 sudah diminta menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi. Tugas akhir ini bisa mulai dibuat dengan merancang penelitian untuk skripsi. Mengerjakan skripsi bisa menjadi tugas yang sulit bagi sebagian mahasiswa karena tidak terbiasa menulis dan penelitian.

Sebaiknya, semasa kuliah Anda terbiasa melakukan penelitian secara mandiri atau mengikuti program penelitian dosen. Hal tersebut cukup penting untuk mengasah kemampuan dalam menulis dan penelitian skripsi nantinya. Anda nantinya tidak akan merasa kesulitan untuk mengerjakan skripsi.

3. Lanjutan sekolah profesi S2

Tahapan selanjutnya untuk menjadi seorang psikolog yaitu sekolah profesi S2. Anda harus menempuh pendidikan kuliah S2 untuk mendapatkan salah satu syarat yang harus ditempuh menjadi seorang psikolog. Waktu yang ditempuh untuk melanjutkan S2 rata-rata selama 2 tahun, tentu saja hal ini juga tergantung Anda sendiri untuk bisa menyelesaikannya.

4. Menentukan peminatan

Saat masuk S2 pastikan Anda sudah memilih peminatan yang sesuai keinginan dan kemampuan. Pada psikologi ada banyak cabang peminatan, Anda bisa memilih salah satu yang disenangi. Peminatan pada psikologi ada psikologi sosial, psikologi industri hingga psikologi pendidikan.

Jika masih bingung untuk memilih peminatan, Anda bisa mempelajari setiap peminatan pada psikologi. Coba baca-baca buku dan lakukan penelitian singkat sebelum mengambil S2, Anda bisa menemukan bidang psikologi yang sesuai dengan kemampuan.

5. Ikuti Praktik Kerja Profesi Psikologi

Meskipun sudah melakukan keempat tahap di atas, belum bisa menjamin Anda untuk mendapatkan gelar psikolog. Anda juga harus mengikuti tahap praktik kerja profesi psikologi. Pada 2 semester pertama, Anda akan belajar teori dan praktikum lab, setelah itu terjun ke lapangan atau kerja profesi.

Anda bisa mengikuti praktik kerja profesi selama 1 hingga 2 semester. Selama praktik kerja profesi ini Anda akan banyak belajar untuk bertemu berbagai macam klien dengan sifat dan permasalahan berbeda-beda. Tentu saja hal ini akan semakin menantang dan mengujimu untuk mendapatkan gelar psikolog.

6. Ikuti sidang profesi

Setelah menjalankan praktik kerja profesi, Anda juga harus mengikuti sidang profesi. Sidang profesi ini tentunya lebih sulit daripada sidang skripsi. Sidang profesi akan dilaksanakan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). Kamu akan mengikuti beberapa tes hingga bisa dinyatakan lolos mendapatkan gelar psikolog.

7. Gabung ke HIMPSI

Setelah leluasa mendapatkan gelar psikolog, selanjutnya Anda harus mendaftarkan diri menjadi anggota HIMPSI. Organisasi tersebut beranggotakan para ahli psikolog di Indonesia. Anda juga akan mendapatkan banyak jaringan ke para psikolog yang ada di Indonesia.

8. Urus SIPP

Setelah melakukan 7 tahap di atas, tahapan terakhir yaitu Anda harus mengurus SIPP atau Surat Ijin Praktik Psikologi. Mengurus SIPP ini akan membantu Anda dalam membuka praktik sendiri. Anda sudah terdaftar sebagai psikolog dan mendapatkan izin praktik. Barulah Anda bisa menerima klien dan berkonsultasi secara resmi.

Itu tadi 8 tahapan bagi Anda untuk menjadi seorang psikolog. Tentunya tahapan-tahapan tersebut ada yang susah dan gampang. Namun, jika Anda sudah memantapkan keyakinan untuk menjadi seorang psikolog, tahapan tersebut hanya sebagai tantangan yang harus dilewati.

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

Tag : Ingin Jadi Psikolog?, profesi psikolog, cara membuat cv, cara membuat riwayat hidup, cara membuat portofolio diri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat