09:00 . Penemuan Makam di Tengah Hutan   |   08:00 . Hilang STNK NoPol S-3124-DG   |   07:00 . Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak   |   20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |   15:00 . Harga Antam Turun Tajam, Berikut Daftar Harganya   |   14:00 . Realisasi PAD Bojonegoro Capai Rp47,8 M, PPJ Sumbang Angka Tertinggi   |   13:00 . Persibo Buka Seleksi Pemain, Eks Liga 2021 Apakah Masih Digunakan?   |   12:00 . Resmi Mendaftar, Gerindra Bojonegoro-Tuban Satukan Kekuatan Menangkan Prabowo   |   11:00 . Suarakan Tuntutannya, Federasi Serikat RTMM SPSI Akan Ikuti Long March Sejuta Buruh di Surabaya   |   10:00 . FGD VMTS, Prodi PAI Proyeksikan Buka Kelas International   |   09:00 . Terdakwa Percobaan Pemerkosaan Tetangga di Dander Divonis 2,6 Tahun Penjara   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Disbudpar Bojonegoro Selenggarakan Tradisi Ruwatan 

blokbojonegoro.com | Saturday, 30 July 2022 14:00

Disbudpar Bojonegoro Selenggarakan Tradisi Ruwatan 

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, menggelar ruwatan murwakala gratis setelah dua tahun sempat terhenti dampak pandemi. Tradisi ruwatan ini diiringi pagelaran wayang kulit yang dipentaskan oleh dalang kondang Ki Priyo Darsono, di Wisata Kayangan Api, Kecamatan Ngasem.  

Prosesi adat diawali dengan kirab atau mengitari api abadi dan diiringi suara gamelan berupa gendhing serta lagu dalang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Budiyanto menjelaskan, dasar pelaksanaan kegiatan Undang-Undang Nomor 5. Tahun 2017, tentang pemajuan kebudayaan, peraturan daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 1. Tahun 2020, tentang pelestarian kesenian tradisional dan program pembangunan kebudayaan pada Disbudpar Kabupaten Bojonegoro. 

Ruwatan Murwakala, lanjut Budiyanto merupakan rangkaian upacara tradisi jawa yang bertujuan membersihkan diri atau mensucikan diri agar terhindar dari marabahaya sehingga bisa hidup sejahtera.

Selain itu juga untuk melestarikan dan aktualisasi adat budaya daerah dan menumbuhkan rasa cinta terhadap tradisi dan budaya daerah. Juga upaya mengenalkan budaya ruwatan sebagai bagian tradisi di Bojonegoro.

"Serta memberikan fasilitasi kepada masyarakat Bojonegoro sehingga dapat mengikuti ruwatan massal bersama-sama di Kayangan Api. Peserta masyarakat Bojonegoro dan tidak dipungut biaya. Karena masih dalan situasi pandemi peserta dibatasi 50 jenis sukerto," jelas Budiyanto. 

Sukerto, lanjutnya ialah anak yang lahir dengan kondisi tertentu yang harus diruwat agar bisa hidup sejahtera dalam keyakinan tradisi jawa. Dari 50 sukerto, ada 92 peserta diiringi 100 orang tua.

"Tim kesenian dan ruwatan dipimpin langsung oleh Ki Dalang Ki Priyo Darsono dari Desa Nglampis, Kecamatan Ngambon. Hari ini kita tradisikan ruwatan massal di Kahyangan Api," imbuhnya. 

Budiyanto mengimbau para peserta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebelum prosesi ruwatan, sekretaris daerah Nurul Azizah menyerahkan secara simbolis tokoh wayang. "Kali ini tokoh Wishnu yang diceritakan sebagai dalang Kondobuwono untuk keluar dari para sukerto dari Betara Kala," pungkasnya. [liz/ito]

BACA BERITA blokBojonegoro.com SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

Tag : Disbudpar, Bojonegoro, ruwatan, khayangan api



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat