Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kolaborasi KKN Unigoro Dengan Unirow Tingkatan Kualitas SDM UMKM Melati 

blokbojonegoro.com | Friday, 05 August 2022 11:00

Kolaborasi KKN Unigoro Dengan Unirow Tingkatan Kualitas SDM UMKM Melati 

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, Universitas Bojonegoro (Unigoro) melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan ini berlangsung selama 1 bulan, yakni pada tanggal 18 Juli hingga 18 Agustus 2022. 

Yang menarik, kali ini KKN Unigoro tak sendirian, namun bersamaan dengan KKN Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban yang sekaligus berkolaborasi.

Tujuan dari kolaborasi KKN ini yaitu untuk menjalin komunikasi dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam berkolaborasi dengan lintas perguruan tinggi di lokasi program kegiatan yang telah ditentukan. Yang mana, KKN Unigoro mengambil fokus utama mengenai pendampingan UMKM dan program tambahan mengenai pengabdian kepada masyarakat.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan wadah bagi para pemilik usaha yang bertujuan untuk meningkatkan serta mengembangkan usaha. UMKM yang terpilih untuk mendapat pendampingan adalah UMKM Melati.

UMKM Melati merupakan UMKM yang berdiri sejak tahun 2010 dan belum memiliki izin usaha dan pemasarannya belum meluas. UMKM yang berada di Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban ini memproduksi berbagai macam olahan keripik.

"Produk UMKM Melati adalah olahan keripik, seperti keripik singkong, tela, mbote, pisang, sukun, rempeyek dan juga kerupuk rambak," ucap Anang Bayu Wicaksono, selaku ketua kelompok 25 KKN Universitas Bojonegoro.

Dijelaskan lagi, pendampingan UMKM yang dilakukan oleh kelompok 25 KKN Universitas Bojonegoro berfokus mengenai Legalitas Usaha, Digital Marketing, Efisiensi Produksi dan yang tak kalah penting adalah Pengembangan Sumber Daya Manusia di UMKM tersebut. 

"Empat point tersebut merupakan fokus utama yang dilakukan dalam pendampingan UMKM Melati. Dan saat ini program tersebut sudah terlaksana dengan baik. Dari pembaharuan, packaging, hingga legalitas merek dagang," lengkapnya kepada blokBojonegoro.com, Jumat (5/8/2022).

Sementara itu, Bu Winarti selaku pemilik usaha mengucapkan terima kasih atas bantuan dari kelompok KKN 25 Universitas Bojonegoro karena telah membantu mendampingi usaha UMKM.

"Saya juga merasa terbantu atas program KKN ini," kata Bu Winarti. [feb/mu]

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

 

Tag : Kkn, mahasiswa, unirow, unigoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini