11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jembatan Penghubung Dua Desa di Balen Nyaris Ambruk, Begini Kondisinya

blokbojonegoro.com | Monday, 08 August 2022 13:00

Jembatan Penghubung Dua Desa di Balen Nyaris Ambruk, Begini Kondisinya

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Jembatan penghubung antara Desa Sidobandung, Kecamatan Balen dengan Desa Sidodadi, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro nyaris ambruk. Tampak, lima dari sepuluh buah tiang pancang jembatan tersebut putus dimakan usia, dan keadaannya pun sangat mengkhawatirkan. Apalagi jika dilintasi ketika hujan turun.

Meskipun begitu, jembatan tersebut tetap digunakan sebagai sarana penyeberangan oleh warga sekitar. Pasalnya, jembatan tersebut sangat efisien untuk dilintasi, sehingga tidak perlu untuk putar lebih jauh untuk sampai di kedua desa tersebut.

Kepala Dusun Mekarah, Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Karyadi mengatakan, jembatan sepanjang kurang lebih 60 meter itu, dibangun atas inisiatif dari swadaya masyarakat sekitar, sekitar tahun 2005, sehingga kurang lebih sudah berusia 17 tahun.

“Berdirinya atas insiatif kedua warga desa, karena saling butuh juga arus ekonomi saling tukar. Selain itu dipakai untuk memudahkan sarana anak sekolah,” jelas Karyadi kepada blokBojonegoro, Senin (8/8/2022).

Jembatan yang membentang di atas Kali Pacal itu, menghabiskan dana kurang lebih Rp50 juta.“Terkait biaya, karena hasil swadaya masyarakat dari kedua desa, iurannya kalau di tafsir sekitar Rp50 jutaan,” papar pria yang akrab dipanggil Pak Karya itu.

Melihat kondisi tersebut, kian hari kian mengkhawatirkan, warga dan Pemerintah Desa setempat berharap, dapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro. Pasalnya, untuk merenovasi jembatan tersebut membutuhkan biaya yang tidak kecil.

“Kalau perbaikan sampai saat ini, nggak ada dari warga, karena sudah keadaan rusak parah. warga inginnya diperbaiki oleh Pemkab Bojonegoro, mengingat butuh dana yang cukup besar,” jelas Kasun Karya.

Menurutnya, pihaknya telah mengajukan permohonan bantuan renovasi tersebut kepada Pemkab Bojonegoro, namun hingga saat ini belum ada kejelasan. Hanya saja, tempo hari ada pengecekan ke Jembatan, tetapi belum ada proses terkait pembangunan jembatan tersebut.

“Kalau proses pengajuan sudah, cuma hasil akhir belum ada kejelasan, kemarin cuma pengecekan di lokasi. Namun kelanjutannya belum jelas sampai sekarang,” imbuhnya.

Sementara itu, hal senada dikatakan oleh Lamijan, warga Desa Sidodadi, Kecamatan Sukosewu. Menurutnya, jembatan tersebut sudah lama rusak, dan kondisinya sangat mengkhawatirkan.

“Sebenarnya takut melewati jembatan ini, tapi ya bagaimana lagi. Karena yang dekat lewat sini. Harapannya, semoga cepat mendapat bantuan dari pihak terkait untuk diperbaiki,” pungkasnya. [riz/lis]

Baca berita blokbojonegoro.com di GOOGLE NEWS

 

Tag : jembatan, ambruk, desa, balen



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat