Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

KKN-Tematik Unigoro Perkuat Usaha Mikro Kecil Lewat Pendampingan

blokbojonegoro.com | Monday, 08 August 2022 09:00

KKN-Tematik Unigoro Perkuat Usaha Mikro Kecil Lewat Pendampingan


Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Mahasiswa kuliah kerja nyata tematik (KKNT) Universitas Bojonegoro (Unigoro) melakukan pendampingan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Genjor, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro. Pendampingan UMKM usus belut tersebut untuk meningkatan produksi serta memperluas pemasaran.

Ketua Kelompok 3 KKN Unigoro, Dwi Amelia Putri menyampaikan, pendampingan UMKM Puja Kesuma dilakukan untuk memperkuat UMKM dan meningkatkan penjualan pasca pandemi covid-19. Sebab, adanya pandemi covid-19 sangat berdampak besar bagi penjualan maupun omset pedagang.

"Karena itu, diperlukan pendampingan untuk meningkatkan produksi dan memperluas pemasaran," tegas Dwi Amelia Putri.

Dia mengatakan, sebelumnya UMKM Puja Kesuma yang memproduksi keripik usus belut ini hanya memiliki dua varian rasa yakni original dan balado. Berbagai hal telah dilakukan mahasiswa KKN-T seperti membantu proses produksi, inovasi varian rasa, hingga melakukan pemasaran melalui trik digital marketing.

"Pemasarannya melalu aplikasi media sosial seperti akun Shopee, Instagram dan WhatsApp serta pencarian toko-toko agen juga memfasilitasi berupa mesin spinner," jelasnya.

Selain itu kelompok 3 KKN-T Universitas Bojonegoro juga melakukan pendampingan pengurusan dan pembaharuan legalitas usaha UKM Puja Kesuma. Adapun skema pendampingan UMKM ini, lanjut dia, diupayakan untuk pemberdayaan serta meningkatan kinerja produksi.

"Memperluas akses pemasaran, fasilitas serta pengembangan sumber daya manusia (SDM). Karena UMKM bukan hanya untuk kepentingan individu atau substansi keluarga, tetapi akan menjadi suatu tulang punggung perekonomian masyarakat," kata Ketua Kelompok 3 KKN Unigoro.

Selanjutnya, dengan adanya pendampingan ini ke depan akan menargetkan UMKM naik kelas hingga memperkuat ekonomi masyarakat. Diantaranya dengan mempermudah akses pemasaran dan mendorong UMKM ke pasar yang lebih luas, selain itu UMKM Puja Kesuma ini juga bisa menjadi pilar penting dalam dalam perekonomian Indonesia.

"Pendampingan UMKM ditujukan untuk mendorong UMKM memiliki daya saing tinggi dan berkualitas baik. Sehingga lebih mudah masuk ke pasar global, dengan demikian dapat dikatakan UKM tersebut akan mengalami kemajuan secara signifikan setiap tahunnya,"harapnya. [liz/mu]

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

Tag : kkn, mahasiswa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini