07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

DWP Kemenag Bojonegoro Gelar Deteksi Dini IVA Test dan Sadanis Gratis

blokbojonegoro.com | Wednesday, 10 August 2022 15:00

DWP Kemenag Bojonegoro Gelar Deteksi Dini IVA Test dan Sadanis Gratis

Reporter: M. Anang Febri

blokBojomegoro.com - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro hari ini menyelenggarakan sosialisasi dan deteksi dini IVA TEST dan SADANIS secara gratis.

Acara sosialisasi bertajuk "Ibu Sehat, Keluarga Kuat, Indonesia Hebat" ini digelar di Aula atas Kemenag Bojonegoro dengan dihadiri oleh para anggota DWP di lingkungan Kankemenag Kabupaten Bojonegoro.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenag Bojonegoro, Elly Rustiyana Munir dalam sambutannya menuturkan, dalam menindaklanjuti webinar nasional oleh Ibu Menteri Agama perihal kesehatan ada tes Iva dan sadanis bagi wanita, karena untuk mendeteksi kanker serviks dan sadanis yang merupakan kanker payudara terhadap wanita.

Sehingga perlunya mendeteksi dini terhadap kesehatan, terutama wanita. Pemeriksaan Iva dan Sadanis bakal berlangsung selama dua hari, serentak se-Indonesia.

"Berdasarkan data WHO, setiap 2 menit sekali, 1 perempuan meninggal karena kanker serviks. Sehingga ini perlu kesadaran dan kewaspadaan untuk segera melakukan deteksi dini dengan Tes IVA atau Tes Pap Smear jika mengalami gejala tertentu," ungkap Elly Rustiyana Munir.

Pihaknya menambahkan, sama halnya dengan penyakit kanker payudara yang perlu perhatian khusus untuk melakukan deteksi dini dengan cara Sadari (Pemeriksaan Payudara Sendiri) maupun Sadanis (Pemeriksaan Payudara Klinis).

"Karena pentingnya program itu, dimohon DWP untuk mendukung sepenuhnya pada program ini, karena penyakit kanker merupakan penyakit mendunia yang nomor 2," harapnya.

Pengetahuan terhadap kesehatan reproduksi perempuan, lanjutnya, adalah sangat penting untuk dipahami dan dimengerti oleh kaum perempuan. Sehingga diharapkan melalui kegiatan ini, dapat menumbuhkan rasa kesadaran dan meningkatkan kewaspadaan yang tinggi terkait masalah kesehatan reproduksi perempuan.

"Terkadang kita tidak sadar telah terjadi sesuatu di dalam tubuh kita, sehingga tiba-tiba sudah divonis sakit yang parah. Melalui kegiatan ini kita semua akan sama-sama belajar tentang masalah kesehatan reproduksi perempuan, terutama tentang penyakit kanker yang mengintai kaum perempuan, yaitu kanker serviks dan kanker payudara," tuturnya.

Dengan begitu, pihaknya sangat berharap peran serta seluruh anggota DWP Kemenag Bojonegoro untuk bisa mengikuti kegiatan ini yang sangat penting. Untuk mengetahui sejak dini apabila ada tanda atau gejala yang berhubungan dengan penyakit di mulut rahim dengan IVA dan payudara dengan SADANIS. 

"Harapannya, semakin dini diketahui akan semakin cepat penangananya dan harapan untuk sembuh lebih banyak," pungkasnya. [feb/lis]

Baca berita blokbojonegoro selengakpanya di GOOGLE NEWS

Tag : kemenag, dwp, kanker



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat