12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |   09:00 . Pergantian Pejabat di PT Kilang Pertamina Internasional : Bukti Legacy Kepemimpinan   |   08:00 . Polres Bojonegoro Bersama Perum Perhutani Tandatangani Perjanjian Kerjasama   |   07:00 . Pro Kontra Esteh Indonesia Tinggi Gula, Ketua PDGI Sampai Angkat Bicara   |   20:00 . Program RPL Pemkab Anggarkan Rp10,8 Miliar   |   19:00 . Kunjungi Bojonegoro, Kabidokkes Polda Jatim Beri Santunan ke Masyarakat   |   18:00 . Masuk Musim Panen, Harga Cabai Turun Drastis   |   17:00 . Banyak Perempuan Kuliah Ketimbang Nganggur, Ismail Fahmi: Mari Diubah Pola Pikir Digital Competitiveness   |   16:00 . Kuliah Umum di Udayana, SKK Migas Bahas Peran Hulu Migas untuk Energi Nasional   |   15:00 . Romo Muslich: 3 Persoalan untuk Merubah Bojonegoro di Masa Depan   |  
Thu, 29 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

DWP Kemenag Bojonegoro Gelar Deteksi Dini IVA Test dan Sadanis Gratis

blokbojonegoro.com | Wednesday, 10 August 2022 15:00

DWP Kemenag Bojonegoro Gelar Deteksi Dini IVA Test dan Sadanis Gratis

Reporter: M. Anang Febri

blokBojomegoro.com - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro hari ini menyelenggarakan sosialisasi dan deteksi dini IVA TEST dan SADANIS secara gratis.

Acara sosialisasi bertajuk "Ibu Sehat, Keluarga Kuat, Indonesia Hebat" ini digelar di Aula atas Kemenag Bojonegoro dengan dihadiri oleh para anggota DWP di lingkungan Kankemenag Kabupaten Bojonegoro.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenag Bojonegoro, Elly Rustiyana Munir dalam sambutannya menuturkan, dalam menindaklanjuti webinar nasional oleh Ibu Menteri Agama perihal kesehatan ada tes Iva dan sadanis bagi wanita, karena untuk mendeteksi kanker serviks dan sadanis yang merupakan kanker payudara terhadap wanita.

Sehingga perlunya mendeteksi dini terhadap kesehatan, terutama wanita. Pemeriksaan Iva dan Sadanis bakal berlangsung selama dua hari, serentak se-Indonesia.

"Berdasarkan data WHO, setiap 2 menit sekali, 1 perempuan meninggal karena kanker serviks. Sehingga ini perlu kesadaran dan kewaspadaan untuk segera melakukan deteksi dini dengan Tes IVA atau Tes Pap Smear jika mengalami gejala tertentu," ungkap Elly Rustiyana Munir.

Pihaknya menambahkan, sama halnya dengan penyakit kanker payudara yang perlu perhatian khusus untuk melakukan deteksi dini dengan cara Sadari (Pemeriksaan Payudara Sendiri) maupun Sadanis (Pemeriksaan Payudara Klinis).

"Karena pentingnya program itu, dimohon DWP untuk mendukung sepenuhnya pada program ini, karena penyakit kanker merupakan penyakit mendunia yang nomor 2," harapnya.

Pengetahuan terhadap kesehatan reproduksi perempuan, lanjutnya, adalah sangat penting untuk dipahami dan dimengerti oleh kaum perempuan. Sehingga diharapkan melalui kegiatan ini, dapat menumbuhkan rasa kesadaran dan meningkatkan kewaspadaan yang tinggi terkait masalah kesehatan reproduksi perempuan.

"Terkadang kita tidak sadar telah terjadi sesuatu di dalam tubuh kita, sehingga tiba-tiba sudah divonis sakit yang parah. Melalui kegiatan ini kita semua akan sama-sama belajar tentang masalah kesehatan reproduksi perempuan, terutama tentang penyakit kanker yang mengintai kaum perempuan, yaitu kanker serviks dan kanker payudara," tuturnya.

Dengan begitu, pihaknya sangat berharap peran serta seluruh anggota DWP Kemenag Bojonegoro untuk bisa mengikuti kegiatan ini yang sangat penting. Untuk mengetahui sejak dini apabila ada tanda atau gejala yang berhubungan dengan penyakit di mulut rahim dengan IVA dan payudara dengan SADANIS. 

"Harapannya, semakin dini diketahui akan semakin cepat penangananya dan harapan untuk sembuh lebih banyak," pungkasnya. [feb/lis]

Baca berita blokbojonegoro selengakpanya di GOOGLE NEWS

Tag : kemenag, dwp, kanker



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat