21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak

blokbojonegoro.com | Wednesday, 10 August 2022 07:00

Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Menghabiskan waktu bersama anak adalah hal penting yang harus dilakukan oleh orang tua. Dengan memberikan waktu kepada anak akan membuat hubungan dengan orang tua semakin erat.

Waktu yang dihabiskan bersama anak sendiri juga harus benar-benar dimanfaatkan semaksimal mungkin. Hal tersebut akan membuat waktu yang dihabiskan menjadi berkualitas.

Meskipun demikian, sering kali orang tua menghabiskan waktu yang membuatnya asik sendiri tanpa memikirkan anaknya. Untuk itu, sangat penting orang tua mengetahui bagaimana cara menghabiskan waktu bersama anak yang baik dan berkualitas.

Melansir laman Parenting Flinto, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan orang tua untuk menghabiskan waktu bersama anak.

Saling membantu pekerjaan ringan

Dengan saling membantu pekerjaan satu sama lain nyatanya dapat membantu orang tua dan anak saing menghabiskan waktu bersama. Misalnya, orang tua dapat membantu anak menyelesaikan pekerjaan rumahnya.

Orang tua juga bisa meminta anak membantu membersihkan kamar, mencuci peralatan, dan lain-lain. Hal ini mungkin akan terlihat membosankan. Namun, jika dilakukan bersama-sama akan membuat hubungan dengan anak menjadi lebih erat.

Hindari gawai (gadget)

Saat menghabiskan waktu bersama, cobalah cari kegiatan yang tidak berhubungan dengan alat elektronik. Orang tua dapat menghabiskan waktu dengan membuat prakarya bersama anak atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

Bisa juga melakukan berbagai permainan di rumah. Hal tersebut dapat membangun hubungan antara orang tua dan anak menjadi semakin dekat. Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari gawai saat menghabiskan waktu bersama.

Jangan berlebihan atau membebani

Orang tua juga harus mengetahui aktivitas yang dilakukan anak dalam satu hari tersebut. Hal ini dapat menjadi acuan kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu bersama anak. Yang terpenting adalah jangan terlalu berlebihan dan membebani diri sendiri dan anak.

Bisa saja menghabiskan waktu bersama dengan makan camilan atau hal-hal ringan lainnya. Hal tersebut akan membuat energi yang dihabiskan tidak terlalu banyak sehingga waktu bersama anak menjadi berkualitas.

Kegiatan sebelum tidur

Menghabiskan waktu bersama juga bisa dilakukan sebelum tidur. Orang tua dapat melakukan berbagai hal menyenangkan seperti menyanyikan sebuah lagu, bermain perang bantal, atau membaca buku cerita. Hal sederhana tersebut nyatanya dapat membantu mempererat hubungan orang tua dan anak.

Lakukan aktivitas sesuai keinginan anak

Kegiatan akan menjadi menyenangkan ketika apa yang dilakukan sesuai dengan keinginan anak. Untuk itu, orang tua dapat membiarkan anak memilih aktivitas apa yang ingin dilakukannya. Hal tersebut akan membuatnya menjadi senang dan waktu menghabiskan waktu bersama berkualitas.

Ajak bermain

Kegiatan untuk menghabiskan waktu yang menyenangkan yaitu mengajak anak bermain. Hal ini dapat dilakukan baik di dalam atau luar ruangan. Terdapat banyak permainan bersama orang tua yang dapat dilakukan. Dengan begitu akan membuat anak menjadi lebih senang.

Jalan-jalan

Menghabiskan waktu bersama dengan mengajak anak jalan-jalan dapat menjadi pilihan orang tua. Jalan-jalan yang dilakukan tidak selalu harus ke tempat rekreasi. Dengan mengajaknya jalan keliling komplek, pergi ke toko, atau tempat lainnya akan membuatnya menjadi senang.

Hal tersebut juga akan membuat hubungan anak dan orang tua menjadi lebih berkualitas dan menyenangkan. Jalan-jalan ini sendiri juga dapat disesuaikan dengan jadwal yang dimiliki orang tua dan anak.

*Sumber: suara.com

 

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

 

Tag : anak, keluarga, orang tua



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat