22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Meriah, 200 Penari Thengul Warnai Kemah Budaya Margomulyo 2022

blokbojonegoro.com | Sunday, 14 August 2022 19:00

Meriah, 200 Penari Thengul Warnai Kemah Budaya Margomulyo 2022

 

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Sebanyak 200 Penari Thengul yang berasal dari berbagai sekolah di Kecamatan Margomulyo menampilkan Tari Thengul dalam kegiatan Kemah Budaya tahun 2022 yang bertempat di Bumi Perkemahan Kampoeng Thengul, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (14/8/2022).

Berbeda dengan kemah pada umumnya, Kemah Budaya Margomulyo memberikan konten dan pengalaman berbeda bagi peserta dengan beberapa misi budaya. Salah satunya adalah tentang Thengul Bojonegoro.

Selain penampilan Tari Thengul, puluhan pelajar dengan mengenakan seragam pramuka tampak antusias menyimak Ki Suwarno, salah satu seorang dalang Wayang Thengul Bojonegoro yang tengah memperagakan cara memainkan wayang tiga dimensi itu.

“Tak hanyak menyimak, namun tak sedikit anak juga ikut serta maju kedepan untuk mencoba menjadi dalang dengan membuat cerita sendiri,” ungkap salah satu pencetus Kampoeng Thengul, Wintari.

Perempuan yang juga sebagai Perangkat Desa setempat itu menambahkan, terdapat banyak kegiatan dalam Kemah Budaya ini, diantaranya yaitu workshop thengul, literasi budaya hingga mewarnai tema thengul dan jelajah budaya.

Wintari berharap, dengan digelarnya Kemah Budaya ini, para pelajar bisa lebih sadar tentang budayanya sendiri, bahkan tentang budaya yang terdapat di tempatnya sendiri. Selain itu, pihaknya ingin mengemas kegiatan berbasis budaya itu jadi lebih kreatif lebih asik.

Terpisah Camat Margomulyo, Dyah Enggarini mengatakan, kegiatan ini adalah upaya bersama untuk mengenalkan budaya dengan cara yang menarik. Anak-anak diusia seperti mereka perlu diberi wawasan dan pengalaman tentang budaya lokal agar semakin mencintai negerinya.

“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pihak yang terlibat dan berharap menjadi kegiatan tahunan di setiap peringatan HUT Pramuka di Margomulyo,” pungkas Camat Margomulyo.

Sekadar diketahui, perkemahan tersebut digelar selama dua hari, yakni pada tanggal 13 hingga 14 Agustus 2022 dan bertempat di Kampoeng Thengul, Dusun Kedungkrambil, Desa Sumberjo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro. [riz/lis]

 

 

Tag : Kemah, budaya, pemkab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat