Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BPBD Bojonegoro Berikan Pelatihan Tanggap Bencana Bagi Nakes RSUD Sumberrejo

blokbojonegoro.com | Friday, 19 August 2022 19:00

BPBD Bojonegoro Berikan Pelatihan Tanggap Bencana Bagi Nakes RSUD Sumberrejo

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Bencana merupakan peristiwa yang mengancam dan menggangu kehidupan/penghidupan masyarakat. Disebabkan oleh alam maupun ulah tangan manusia, sehingga mengakibatkan timbul kerugian/korban jiwa. 

Dalam hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro. Turut memberikan sosialisasi pelatihan dan simulasi APAR, hidran dan evakuasi bencana di RSUD Sumberrejo. Bagi para petugas dan tenaga kesehatan.

Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Ardhian Orianto,SSTP menegaskan pelatihan yang diberikan bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang tanggap dan tangguh dalam menanggulangi ancaman bencana yang bisa terjadi sewaktu -waktu

Lanjut Ardhian, sosialisasi yang diberikan diantaranya terkait siklus manajemen bencana sendiri. Yang terdiri dari ancaman bencana, dampak, tanggap darurat bencana, pemulihan, rekonstruksi. Dan perencanaan pembangunan, prevensi bencana, mitigasi, kesiapsiagaan hingga peringatan dini. 

"Kabupaten Bojonegoro merupakan daerah yang rawan terhadap ancaman bencana. Terlebih peristiwa banjir bandang maupun longsor sekitar bantaran bengawan solo, sehingga mengakibatkan timbulnya kerugian materiil dan jiwa. BPBD berperan aktif dalam memberikan sosialisasi untuk antisipasi dini," ungkap Ardhian. 

Selain menjelaskan siklus manajemen tanggap bencana, adapun dua prosedur evakuasi yang dilakukan. Diantaranya prosedur evakuasi dalam gedung dan prosedur evakuasi pada kejadian gempa bumi. 

Evakuasi dalam gedung meliputi segera tinggalkan gedung apabila terjadi bencana, turun dan berlari ke arah jalur evakuasi, wanita tidak boleh menggunakan sepatu hak tinggi, beri bantuan terhadap orang cacat/hamil, dan berkumpul di daerah yang aman. 

"Sedangkan evakuasi saat terjadi gempa bumi, di antaranya petugas tanggap darurat memberikan tanda alarm, mengumpulkan masa, melakukan pemutusan aliran listrik. Dan petugas tanggap darurat melakukan absensi serta petugas pelayanan kesehatan melakukan triage," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : BPBD, bencana, rsud



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini