11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jembatan Kedungjati Rusak, Ketua Kadin Desak PU Bina Marga Segera Tangani

blokbojonegoro.com | Sunday, 21 August 2022 16:00

Jembatan Kedungjati Rusak, Ketua Kadin Desak PU Bina Marga Segera Tangani

 

Reporter : M. Anang Febri

blokbojonegoro.com - Ambrolnya bahu jembatan Kedungjati Waduk Pacal yanga ada di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, menurut Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bojonegoro akan mempunyai dampak cukup serius pada sektor ekonomi dan pembangunan.

Ketua Kadin Bojonegoro, Gatot Rianto saat dikonfirmasi blokBojonegoro.com menuturkan, bahwa proyek pekerjaan APBD Kabupaten Bojonegoro sedang dalam proses dan terikat waktu. Yang mana disisi lain diketahui bahwa 70 persen material pasir diambil dari Gunung Kelud Kabupaten Kediri, 30 persennya dari Lumajang. 

Sementara jembatan yang ambrol tersebut merupakam akses penghubung utama antara Kediri, Nganjuk, dan Bojonegoro. Maka dari itu, pihaknya berharap supaya pihak terkait segera mencarikan solusi.

"Ini wilayah kerja PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur, saya berharap ada upaya segera berkaitan dengan perbaikan bahu jembatan ini," ungkap Gatot Rianto, Ketua Kadin Bojonegoro, Minggu (21/8/2022).

Dijelaskannya lagi, hampir semua proyek sipil APBD Bojonegoro tahun 2022 ini menggunakan material pasir, terutama cetak U ditch, box culvert, jembatan, rigid beton, gedung, Tembok Penahan Tanah (TPT) dan lain-lain. Ada kurang lebih 8 batching plant yg beroperasi di wilayah Kabupaten Bojonegoro untuk mengerjakan beton.

Trauma kerusakan yang saat ini terjadi ditakutkan oleh pelaku usaha sama dengan kejadian di masa lalu. Mengingat, jembatan Kedungjati dibangun total untuk mengganti jembatan lama pada tahun 2012, yang mana setelah selesai dibangun Jembatan Kedungjati pernah rusak dan digerus arus spillway pada tahun 2014 dan memutus total arus lalu lintas antara Bojonegoro dan Nganjuk.

Jika armada pengangkut pasir tetap ingin beroperasi harus memutar lewat Kabupaten Jombang,Lamongan,Kecamatan Kedungadem terus menuju batching plant masing masing.

Sangat jauh dan tentu secara harga sudah tidak lagi ekonomis.

"Dunia usaha, sirkulasi ekonomi akan terganggu. Ini tidak boleh terjadi, jika secara teknis jembatan boleh dilewati ya larangan lewat harus dicabut, jika tidak boleh ya harus ada pantauan 24 jam. Nanti kalau ada apa-apa yang disalahkan petugasnya," tandasnya saat mengetahui pantauan beberapa saksi mata jika dini hari masih ada truck muatan yang mencuri lewat dan menunggu petugas jaga terlena.

Sementara itu, di sejumlah titik potensi kendaraam yang bakal mengambil jalur arah Jembatan Kedung Jati telah dipasangi rambu atau poster imbauan yang berisi "truk besar bermuatan lebih dari 3 ton putar balik".

"Kendaraan kecil masih bisa lewat atau truck kosongan juga masih bisa asal tidak lebih 3 ton muatannya," kata Kapolsek Temayang. [feb/lis]

 

Tag : Jembatan, kedungjati, rusak, waduk pacal



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat