Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Rangkaian Harlah 1 Abad NU, PBNU Wacanakan Halaqah Fiqih di 250 Lokasi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 24 August 2022 20:00

Rangkaian Harlah 1 Abad NU, PBNU Wacanakan Halaqah Fiqih di 250 Lokasi Foto: peradaban.id

 

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Sebagai bagian dari rangkaian 100 tahun Nahdlatul Ulama (NU), pihak Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengagendakan acara Halaqah Fiqih Peradaban. Kegiatan yang menjadi bagian dari Muktamar Internasional Fiqih Peradaban ini rencananya akan dilaksanakan di 250 titik.  

Hal ini disampaikan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf di sela memberi sambutan pada Kick Off Peringatan Harlah Satu Abad NU di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (20/6/2022) malam. 

Kiai yang akrab disapa Gus Yahya itu menjelaskan sebagai persiapan Muktamar Internasional Fiqih Peradaban maka sebelumnya PBNU akan menggelar halaqah fiqih di 250 tempat di mulai awal tahun 2023 mendatang hingga akhir Juli. "InsyaAllah mulai akhir Januari kita akan segera mulai rangkaian halaqah menuju Muktamar Internasional Fiqih Peradaban," katanya.

Pada moment sekitar 6 bulan hingga akhir Juli itu, kira-kira ada 40 tempat halaqah setiap bulannya. 

Gus Yahya optimis angka ini akan tercapai karena selama ini Nahdliyyin sudah terbiasa dengan kegiatan-kegiatan Bahstul Masail yang membahas masalah-masalah keislaman serta masalah kemasyarakatan. “Ini realistis karena sudah jadi tradisinya NU,” ujarnya.

Halaqah fiqih ini sebagai usaha menggali ide-ide Kiai NU di seluruh Indonesia, terlebih Kiai-Kiai kampung. "Pokoknya kiai-kiai kampung kita ajak semua untuk membicarakan masalah ini," tandas Gus Yahya.  [lis]

Tag : Halaqah, fiqih, peradaban, PBNU



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini