15:00 . Romo Muslich: 3 Persoalan untuk Merubah Bojonegoro di Masa Depan   |   14:00 . Lucu dan Menggemaskan, Bayi Jadi Rebutan Netizen   |   13:00 . Viral disosmed, Gadis Diduga Ibu Bayi di Sumberarum, Polisi: Kami Masih Menyelidiki   |   12:00 . Tokoh-tokoh Nasional Asal Bojonegoro Jadi Pemateri di Kajian Sor Keres   |   10:00 . Ya Allah, Baru Lahir Bayi Perempuan Ditinggal di Bawah Pohon di Desa Sumberarum   |   08:00 . Tak Cuma Bobol Akun Medsos 24 Kru Narasi, Twitter Mata Najwa Ikut jadi Target Hacker   |   07:00 . Penting! Jangan Lewatkan Sesi Pemanasan dan Pendinginan saat Olahraga, Ini Manfaatnya   |   18:00 . Capaian IPM Bojonegoro Meningkatkan Hingga 23,60 Persen   |   16:00 . Tersapu Angin, Rumah dan Atap Sekolah di Ngasem Roboh   |   14:00 . Berikut Petunjuk Praktis Menghadapi Musim Penghujan dari BNPB   |   09:00 . Pembebasan Lahan untuk Bendung Gerak Karangnongko Tunggu Appraisal   |   08:00 . Asah Skill Menulis, HMP PAI UNUGIRI Adakan Seminar Pembuatan Makalah   |   07:00 . Tanya Seksolog: Dok, Kenapa Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda?   |   18:00 . Minibus Seruduk Truk di Baureno, 3 Orang Meninggal di Tempat   |   14:00 . 10 Model Cilik Meriahkan CFD, Pamerkan Tenun dan Lurik   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PPL PAI UNUGIRI di MA Darussalam, Upaya Belajar Tak Sekadar Teori

blokbojonegoro.com | Wednesday, 31 August 2022 16:00

PPL PAI UNUGIRI di MA Darussalam, Upaya Belajar Tak Sekadar Teori

 

Pengirim: Widodo Ramadhoni *

blokbojonegoro.com - Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi PAI Fakultas Tarbiyah UNUGIRI Bojonegoro di Madrasah Aliyah Darussalam, Kedungrejo, mengadakan penutupan acara secara outdoor pada Rabu, (31/08/2022). Kegiatan dilaksanakan di lapangan sekolah dengan simbolis menerbangkan balon ke udara.

Hadir dalam kegiatan penutupan, Pengasuh Pon Pes Darussalam K. M. Muthohar, S.Pd., Kepala MA Suwardi Mashari, S.Pd., M.A., DPL PAI UNUGIRI Usman Roin, M.Pd., jajaran dewan guru dari MA, dan SMP Islam Darussalam, Mahasiswa PPL PAI UNUGIRI, serta siswa-siswi baik dari SMP Islam dan MA Darussalam.

Pengasuh Pon Pes Darussalam K. M. Muthohar menuturkan, PPL ini bagian dari proses pembelajaran yang akan mengantarkan pada kemuliaan. Syaratnya pertama “amanu” dan kedua, mencari ilmu, sebagaimana dalam surat al-Mujadalah:11. 

"Jadikan praktik mengajar ini, bagian dari proses pembelajaran yang akan mengantarkan pada kemuliaan. Karenanya, jika ada kekurangan dari pondok ini mari kita perbaiki hingga muncul kelebihan baru. Dan jika ada kelebihan, mari sampaikan kepada umum untuk ditiru," tuturnya.

Senada dengan pengasuh, Kepala MA Darussalam Suwardi Mashari menuturkan, satu bulan PPL merupakan waktu yang singkat. Meski singkat, dia berharap semoga apa yang ada di sini dijadikan sebagai pembelajaran.

"Jadikan pengajaran di sini dengan anak sebagai bekal latihan sebagai guru. Jika siswa kamu anggap sebagai teman, siswa akan menjadi teman belajar. Jika kamu anggap sebagai anak, maka akan seperti anak yang manja," paparnya.

Adapun DPL Usman Roin, menitipkan pesan khusus kepada mahasiswa PPL untuk menjadikan pangalaman mengajar ini bagian dari menempa, menyiapkan diri, menjadi pendidik atau guru PAI yang inspiratif, penuh semangat dalam mendidik generasi emas di manapun.

"Jadilah guru PAI yang inspiratif dengan penuh semangat dalam belajar maupun mengajar, serta mendidik generasi emas bangsa ini di manapun kalian berada," pesannya.

Sedangkan Ketua PPL Kelompok 18, Moch Zakaria menyampaikan terima kasih dan maaf selama PPL di MA Darussalam.

“Atas nama Ketua PPL, saya sampaikan terima kasih kepada DPL dan guru pamong mepel PAI atas bimbingan dan arahannya, sehingga kami banyak menyerap secara praktik peroses pembelajaran yang baik walau hanya satu bulan,” pungkasnya.

Selain menerbangkan balon ke udara, acara penutupan diawali dengan pembacaan Salawat Nabi, penyerahan kenang-kenangan dari mahasiswa PPL kepada madrasah, bersalam-salaman, dan berfoto ria di lapangan sekolah. [lis]

Baca berita blokbojonegoro di Google News 

Penulis adalah Mahasiswa PPL PAI di MA Darussalam, Dungmas, Kedungrejo, Sumberrejo.

Tag : PPL, Unigiri, MA



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat