11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lewat Realisasi Program Wismandi, PEPC JTB Berdayakan Pemuda Desa

blokbojonegoro.com | Thursday, 08 September 2022 15:00

Lewat Realisasi Program Wismandi, PEPC JTB Berdayakan Pemuda Desa

Reporter : M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Dalam upaya memberdayakan potensi yang ada di desa sekitar area operasi, PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina selaku operator Proyek Pengembangan Gas Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) melaksanakan Program Wirausaha Mandiri Berdikari (Wismandi).

Wismandi merupakan salah satu program pengembangan masyarakat (PPM) yang telah mendapatkan persetujuan dari SKK Migas sebagai regulator industri hulu migas. Program yang bertujuan untuk meningkatkan mata pencaharian masyarakat melalui pemberdayaan para pemuda desa yang terhimpun dalam wadah Karang Taruna Bandungrejo ini, direalisasikan oleh PEPC dengan menggandeng IDFoS sebagai mitra pendamping program.

Sebagai tahap awal program, PEPC bersama mitra pendamping melaksanakan koordinasi dan sosialisasi program kepada para pihak terkait di Balai Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem pada Selasa (6/9/2022) lalu.

Dalam sosialisasi Program Wismandi ini dihadiri oleh Pemerintah Desa, BPD, Karang Taruna Lima Bersaudara Desa Bandungrejo, Muspika Ngasem, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Dinas Sosial. "Program Wismandi ini merupakan salah satu wujud komitmen PEPC dalam upaya menumbuhkembangkan masyarakat di sekitar area operasi PEPC. Kami memandang bahwa sebagai organisasi sosial kepemudaan, Karang Taruna merupakan wadah pembinaan, pengembangan, dan pemberdayaan yang tepat dalam upaya mengembangkan ekonomi produktif," ungkap Edy Purnomo selaku JTB Site Office & PGA Manager PEPC. 

Ditambahkannya lagi, pihaknya sangat optimis bahwa kekompakan para pemuda di Desa Bandungrejo yang didukung oleh para pihak ini nantinya akan dapat mewujudkan Karang Taruna yang memiliki usaha ekonomi produktif berbasis potensi lokal yang mampu berkembang dan bersaing.

Melalui Program Wismandi ini Karang Taruna Bandungrejo akan terlibat secara aktif di berbagai pendampingan dan pelatihan, seperti pendampingan manajemen kelembagaan termasuk review dan pengesahan Anggaran Dasar (AD) Karang Taruna, penyusunan dan pengesahan rencan usaha yang feasible berbasis potensi lokal, pelatihan manajemen operasional budidaya ayam petelur, dan bantuan fasilitas budidaya ayam petelur.

Bantuan fasilitas budidaya ayam petelur ini meliputi pembangunan kandang dan bantuan 2.500 ekor bibit ayam petelur beserta paket pakan dan vaksin, serta pelatihan manajemen pengelolaan keuangan agar usaha yang dikelola sesuai dengan semangat transparansi, dapat dikembangkan, dan berkelanjutan.

Budidaya ayam petelur dipilih sebagai usaha yang akan ditekuni oleh Karang Taruna setelah sebelumnya melalui tahap assessment dan diskusi kelompok terfokus yang melibatkan para pihak di Desa Bandungrejo.

Kepala Bidang Budidaya Ternak, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, Elvia Nuraini menyampaikan bahwa sekitar 5.000 ton pemenuhan kebutuhan telur di Bojonegoro setiap tahunnya harus disupply dari luar daerah, sehingga Program Wismandi yang diinisiasi oleh PEPC ini dirasa sudah sangat tepat sekali.

"Tenaga ahli kami, seperti dokter hewan dan tenaga penyuluh peternakan akan siap memberikan kosultasi yang diperlukan. Dengan adanya program ini, tentunya cukup mendukung program pemerintah Kabupaten Bojonegoro," papar Elvia.

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) Kabupaten Bojonegoro, Dery Aprilian mengapresiasi program PEPC ini. Menurutnya, program ini dinilai sebagai kegiatan peningkatan kapasitas para pemuda, suatu hal yang selama ini menjadi perhatian pihaknya dari Dinpora.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dinas PMD Bojonegoro, dan Dinas Sosial yang menyampaikan dukungan kapada Karang Taruna agar dilakukan upaya peningkatan kapasitas anggota Karang Taruna sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Mewakili Camat Ngasem, Jelita Hebeahan selaku Kasi PMD menyampaikan rasa terima kasih kepada PEPC Zona 12 yang telah banyak mengucurkan program pengembangan masyarakat bagi warga di Ngasem.

"Kami merasakan sendiri banyak program yang telah digulirkan oleh PEPC selama ini. Banyak program yang sudah terlaksana dan sukses sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat penerima. Kami sangat mendukung kegiatan ini, semoga Karang Taruna di Bandungrejo dapat sukses dalam menjalankan program ini," ucapnya.

Pihak Desa Bandungrejo sebagai penerima manfaat turut menyampaikan ucapan rasa terima kasih kepada PEPC. Pemdes berharap semoga apa yang diberikan PEPC bermanfaat, khususnya bagi Karang Taruna.

"Kepada para teman-teman Karang Taruna, saya mohon untuk dapat memanfaatkan kesempatan berharga ini. Ketemu dengan para pendamping yang pengalaman, supaya mendapatkan ilmu dan manfaatkan yang besar serta berhasil mempertanggungjawabkan kegiatan ini dengan baik," ucap Yuswanto, Kasi Pemerintahan Desa Bandungrejo.

Dari program yang telah terencana dengan baik dan terukur serta di barengi dengan kesiapan dan semangat para anggota Karang Taruna ini, diharapkan program Wismandi akan dapat berjalan dengan sukses. Sehingga sinergi antara Karang Taruna, kelompok peternak, dan BUMDes dalam memberikan kontribusi pada ketahanan pangan di Bojonegoro akan menjadi lebih baik. [feb/ito]

 

Tag : Wismadi, pepc, jtb, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat