Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

4 Cara Mengobati Biduran dengan Bahan Alami

blokbojonegoro.com | Monday, 12 September 2022 07:00

4 Cara Mengobati Biduran dengan Bahan Alami

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Biduran adalah jenis penyakit kulit yang bisa sangat mengganggu dan sangat membuat tidak nyaman. Jika kamu terkena biduran, jangan panik dulu. Kamu bisa menggunakan beberapa cara mengobati biduran seperti berikut ini.

Sebelum membahas cara mengobati biduran, mari simak terlebih dulu pengertian biduran, penyebab dan beberapa gejalanya.

Pengertian, Gejala, dan Penyebab

Menurut American College of Allergy, Asthma & Immunology, biduran merupakan masalah kulit yang dikenal juga dengan nama urtikaria. Penyakit ini memiliki beberapa gejala berupa benjolan kemerahan, yang mana benjelon kemerahan ini jika ditekan akan berubah warna jadi putih.

Penyebab biduran ini umumnya disebabkan oleh beberapa hal. Adapun beberapa penyebabnyab sebagai berikut:

- efek samping obat
- alergi makanan tertentu
- udara yang terlalu dingin atau panas
- gigitan serangga
- kena getah tanaman
- paparan sinar matahari
- transfusi darah

Selain beberapa penyebab di atas, biduran bisa juga disebabkan oleh beberapa hal seperti: penyakit hepatiri, infeksi virus dan bakteri, alergi tanaman dan serbuk sarinya, serta alergi bulu binatang.

Cara Mengobati Biduran

Kalau kamu tidak ingin pakai obat-obatan kimia untuk mengobati biduran, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami beberapa bahan alami seperti berikut ini.

1. Hindari produk yang dapat picu alergi

Cara alami yang juga bisa kamu lakukan untuk obati biduran yaitu menghindari produk yang dapat memicu alergi. Jika tetap menggunakannya, itu bisa membuat biduran semakin parah.

Pastikan juga kamu menggunakan sabun khusus kulit sensitif, bebas pewangi, dan tidak mengandung bahan kimia. Oleskan juga lotion khusus kulit sensitif usai mandi.

2. Kompres dingin

Melansir dari Healthline, kompres dingin bisa jadi cara alami untuk mengobati biduran. Adapun caranya yaitu siapkan es batu dibungkus handuk, kemudian oleskan pada aera terdampak sekitar 10 menit.

3. Tubuh dalam kondisi dingin

Cara obati biduran tanpa perlu menggunakan obat-obatan kimia yaitu pastikan agar tubuh kamu dalam kondisi dingin. Pasalnya, suhu tubuh yang gerah atau panas dapat memperparah gejala biduran.

Oleh karena itu, pastikan agar suhu ruangan selalu dingin. Selain itu, pastikan juga agar  meminimalisir duduk lama-lama di luar ruangan yang  terpapar sinar matahari langsung.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat alami. Lidah buaya ini memiliki kandungan anti peradangan dalam mengatasi berbagai masalah kulit. Kamu bisa mengoleakan lidah buaya pada bagian yang terkena biduran.

Demikian 4 cara mengobati biduran dengan bahan-bahan alami yang bisa kamu coba. Jika setelah menggunakan beberapa cara di atas biduran masih belum sembuh, sebaiknya segera  konsultasikan ke dokter agar lekas mendapatkan penanganan yang tepat.

*Sumber: suara.com

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News  

 

 

Tag : cara mengobati biduran, biduran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini