Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Proses Pahami Peran, Pembina Teater Awu : Harus Sadar Dulu

blokbojonegoro.com | Friday, 23 September 2022 17:00

Proses Pahami Peran, Pembina Teater Awu : Harus Sadar Dulu

 

Reporter : M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Proses penghayatan peran dalam sebuah pertunjukan teater merupakan sebuah kewajiban bagi para pelakunya. Dibalik proses yang optimal, terdapat pula hasil yang maksimal.

Kendati segala proses yang dilakukan dalam kelompok teater memiliki metode masing-masing, namun kelompok teater pelajar di SMK Negeri 2 Bojonegoro yang bernama Teater Awu memiliki teknik khusus untuk membuat siswa anggota teater memahami peran.

"Harus sadar dulu. Jika bakat tidak ada, adanya kemauan. Sadar, sadar ingin bisa," ucap Agus Sigro, guru yang juga sekaligus pembina Teater Awu SMK Negeri 2 Bojonegoro.

Mengapa setiap siswa yang tergabung dalam teater harus sadar, lanjut Sigro, jika pemikiran san hati dalam ruang sadar maka tak akan ada paksaan dalam setiap aktivitas proses berkaryan

"Kalau tanpa dipaksa, berarti sudah suka. Maka yang terjadi adalah nyaman," lanjutnya.

Dari semua itu, didasari kemauan yang menciptakan rasa nyaman bakal muncul improve dalam proses yang dilalui. Bagi teater pelajar imitasi atau meniru adalah proses pertama, yang kemudian bakal dikembangkan sesuai kreasi pribadi pelajar.

"Kesadaran adalah latihan setiap hari, dan acting nomor sekian. Proses karya, pertama meniru. Setelah itu pengembangan dengan kreasi. Dunia seni emang tak apa meniru," tandasnya. [feb/col]

 

Tag : Teater, peran, pelatih



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini