15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Asah Skill Menulis, HMP PAI UNUGIRI Adakan Seminar Pembuatan Makalah

blokbojonegoro.com | Monday, 26 September 2022 08:00

Asah Skill Menulis, HMP PAI UNUGIRI Adakan Seminar Pembuatan Makalah

Pengirim: Afatanasya *

blokBojonegoro.com - Guna meningkatkan skill menulis mahasiswa baru, Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro menyelenggarakan Seminar Pembuatan Makalah bertema “Cerdas Bermakalah dalam Meningkatkan Kualitas Mahasiswa” di Aula Hasyim Asy’ari Gedung Rektorat Lt. 3, Minggu (25/9/2022).

Hadir dikegiatan tersebut, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. K. H. Ahmad Manshur, M.A., Kaprodi PAI Su’udin Aziz, S.Pd.I., M.Ag., narasumber seminar Usman Roin, M.Pd., Ketua HMP PAI Afatanasya beserta pengurus, panitia, serta ratusan mahasiswa PAI sebagai peserta.

Selaku Dekan, Ahmad Manshur menyampaikan bila menjadi mahasiswa harus semangat kuliahnya.
“Semester satu dan semester berikutnya, harus semangat kuliahnya. Jangan pakai kendor,” ucapnya.

Manshur juga menerangkan bila keterampilan menulis makalah itu penting. Terlebih setiap makul memiliki tugas. Maka, pertahankan etika keilmiahan dengan membuat sendiri.

“Bentuk makalah, bak sampah misal, tetapi orisinil karya sendiri, itu lebih baik. Dari pada baik, tetapi itu hasil copy paste karya orang lain, malah tidak baik. Karenanya, manfaatkan dengan baik kesempatan ini. Apalagi, karya pak Usman ini sering tayang di media cetak. Ikuti jejak beliau menjadi penulis,” paparnya.

Kaprodi PAI, Su'udin Aziz menyampaikan terima kasih kepada HMP PAI dan mahasiswa yang sudah semangat hari. Mutiara Arab menyebut ar-Rahatu fi tabadulil amal. "Seminar ini bagian dari istirahat, yang istirahatnya untuk belajar," jelasnya.

Udin juga menambah, sebagaimana harapan Rektor, ke depan Prodi PAI akan membuka International Class Program (ICP). Luarannya, mahasiswa harus terampil membuat makalah ilmiah untuk disubmit pada jurnal internasional.

“Ke depan, Prodi PAI akan membuat kelas internasional sebagaimana imbuan bapak Rektor. Mahasiswa diharapkan bisa terampil membuat makalah yang kemudian bisa submit di jurnal internasional. So, jangan copas makalahnya dari web a, web b, dan web c. Itu namanya kliping,” tegas Udin.

Sebagai penutup, Udin sapaan akrab Su'udin Aziz mengatakan, bila pena itu lebih abadi bekasnya. Tinta tulisan itu abadi meski orangnya meninggal. Contohnya Gus Dur atau K. H. Abdurrahman Wahid. Sebagai manusia, beliau memang sudah wafat. Tetapi Gus Dur secara pemikiran, masih hidup sampai sekarang. Jadi, Ketika hidup jadilah penulis, saat meninggal jadilah yang ditulis”, pungkasnya.

Selaku narasumber, Usman Roin selain menyampaikan ciri makalah yang baik, anatomi bentuk makalah Unugiri beserta contoh, diulas pula tujuan membuat makalah. Mulai dari menambah penguasaan materi, terwujudkannya keterampilan personal menulis baik dan benar, menjadi public speaking, dan juga menjadi mahasiswa berprestasi.

“Contoh sudah ada, pak Usman bisa meraih predikat penulis skripsi terbaik tingkat universitas, dimulai dari terampil menulis makalah. Kuncinya, ikuti ketentuan kepenulisan dosen, gunakan literatur primer, ketik dengan rapi, serta gunakan ejaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Insya Allah sukses studi akan kalian raih,” terangnya.

Adapun Ketua HMP PAI Afatanasya menyampaikan, bila seminar ini bagian dari proker. Melalui seminar, mahasiswa PAI dapat membuat makalah dengan baik dan benar. Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Tegar Nasrullah, yang menyampaikan terima kasih atas kehadiran mahasisiswa baru semua, katanya.  

*Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) PAI Fakultas Tarbiyah UNUGIRI.

Tag : hmp, pai, unugiri, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat