Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Panen Jagung Pulut, Bupati Harap Gerakan Potensi Lahan untuk Tanaman Pangan

blokbojonegoro.com | Saturday, 01 October 2022 13:00

Panen Jagung Pulut, Bupati Harap Gerakan Potensi Lahan untuk Tanaman Pangan

 

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah Panen Jagung Pulut hasil uji coba perdana dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, varietas yang di peroleh dari Makassar yang di tanam di lahan seluas 0.5 Ha, di Balai Penyuluhan Pertanian Dander, Sabtu (1/10/2022). Pada acara panen jagung tersebut Bupati Bojonegoro di dampingi oleh Kepala Dinas KPP, Manager PT. Petro Kimia Kayaku, Forkopimcam Dander, Penyuluh Pertanian, POPT, Kades, dan Ketua Kelompok Tani. Serta seluruh petani yang berbahagia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Helmi Elisabeth dalam laporannya mengatakan bahwa pengembangan jagung pulut di BPP masih dalam tahap uji coba, untuk menguji tekstur dan rasanya ketika di tanam dengan kondisi tanah pertanian di Bojonegoro, karena jagung pulut ini merupakan jagung yang baru di Bojonegoro. 

"Dalam uji coba di BPP perlu untuk mengkolaborasikan jagung pulut agar menghasilkan rasa dan tekstur yang sesuai, sehingga bekerja sama dengan PT. Petro Kimia Kayaku sejak budidaya hingga panen, dengan kelebihannya usai panen yang pendek yakni 70 hari dan selama budidaya dua kali pengairan," ujarnya.

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa agar budidaya tanaman jagung pulut dapat di kembangkan sebagai makanan olahan sehingga masyarakat dapat tertarik dan di konsumsi, mengembangkan dapat dengan memodifikasi pangan. Sesuai arahan Presiden bahwa Dunia sangat berpotensi untuk kekurangan pangan, di Indonesia perlu di syukuri banyak lahan pertanian yang dapat di tanami. Serta dimana di Bojonegoro 40 persen adalah lahan Perhutani yang dapat diajak kerjasama.

Bupati menambahkan agar Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mendorong produk lokal dengan tekhnologi pertanian salah satu nya yakni meciptakan mesin kecil atau sederhana seperti alat pembersihan tanah buah singkong, yang diciptakan oleh siswa-siswi SMK di Bojonegoro, serta mendorong kelompok tani yang bisa menciptakan pupuk organik kemudian ada izin edar, sehingga dapat diberikan bantuannya untuk petani melalui program KPM.

Mengakhiri arahannya Bupati berharap terus menggerakkan terhadap potensi-potinsi lahan yang dapat di kembangkan untuk budidaya tanaman pangan, "Selain padi dan jagung dapat di kembangkan budidaya tanaman pangan yang lainnya," ungkap Bupati.

Sebelum memanen jagung tersebut, Bupati meninjau secara langsung obat Pertanian yang telah di sediakan oleh PT. Petro Kimia Kayaku. [lis]

Tag : Tanah, lahan, jagung



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini