Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

KPU Bojonegoro Sosialisasikan Verifikasi Faktual Pengurusan dan Keanggotaan Parpol Tingkat Kabupaten

blokbojonegoro.com | Friday, 07 October 2022 15:00

KPU Bojonegoro Sosialisasikan Verifikasi Faktual Pengurusan dan Keanggotaan Parpol Tingkat Kabupaten

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Dalam rangka melaksanakan tahapan verifikasi faktual pengurusan dan keanggotaan partai politik(parpol) calon peserta pemilu 2024 tingkat kabupaten, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan sosialisasi, Jumat (7/10/2022).

Bertempat di salah satu ruang pertemuan hotel dan resto di Jalan Pemuda, sosialisasi dihadiri ketua sebanyak 20 parpol, Bawaslu, Dispendukcapil, Bakesbangpol, camat, organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan, organisasi profesi wartawan, dan organisasi perusahaan media.

Ketua KPU Bojonegoro, Fatkhur Rohman menyampaikan, verifikasi faktual pengurusan dan dan keanggotaan partai politik(parpol) calon peserta pemilu 2024 tingkat kabupaten, akan dilaksanakan pada 15 Oktober - 4 November 2022 mendatang.

""Seusai Undang-Undang 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, Pemilu akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Saat ini tahapan verifikasi faktual tingkat kabupaten, setelah sebelumnya ada verifikasi dari pusat sebanyak 24 parpol yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) ada 20 parpol " ulas Fatkhur Rohman.

Sementara itu, sosialisasi dipaparkan Fatma Lestari selaku Divisi Teknis dan Penyelenggara. Dalam penyampaiannya dijelaskan dalam verifikasi faktual pengurusan dan dan keanggotaan parpol calon peserta pemilu 2024 tingkat kabupaten, ada 3 point yang diverifikasi.

"Kami KPU Kabupaten membantu KPU RI dalam pelaksanaan verifikasi faktual turun langsung di lapangan untuk memverifkanksi pengurus tingkat kabupaten, kantor, dan keanggotaan," ungkapnya.

Dalam keanggotaan parpol yang beranggotakan 1000, dalam verifikasi faktual akan diambil sampel 278 anggota. Verifikasi akan dilaksanakan langsung di tempat tinggal masing-masing.

"Data-data yang akan diverifikasi bukan KPU Kabupaten yang menentukan. Nama-nama itu dari KPU RI dan kami akan lakukan verifikasi. Untuk Pengurus dilakukan di kantor parpol. Sedangkan untuk anggota akan dilakukan di kediaman masing-masing," imbuh Fatma.

Setelah dilakukan verifikasi pada 15 Oktober hingga 4 November 2022, selanjutnya akan dilakukan penyampaian hasil verifikasi oleh kabupaten pada 5 November 2022. [ito/lis]

 

Tag : Kpu, Bojonegoro, pemilu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini