Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Rajut Asal Bojonegoro Diekspor ke Amerika

blokbojonegoro.com | Tuesday, 11 October 2022 13:00

Rajut Asal Bojonegoro Diekspor ke Amerika

 

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Di Rumah Rajut Gayam atau yang dikenal dengan Prima Rajut yang ada di Desa Bonorejo, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, ada bermacam-macam produk rajut hasil olah tangan para perempuan di desa setempat. Beberapa di antaranya ada tas, bros, gantungan kunci, boneka, taplak, hingga pecinta. 

Selain di wilayah sekitar dan luar kota, pemasaran hasil rajut dari Prima Rajut bahkan sampai ke Amerika.

"Dari kami rajut berupa flanel atau setengah jadi. Lalu kami mengirimkan ke CV Bhumi Cipta Mandiri (BCM) Yogyakarta – sebuah perusahaan distributor yang telah disiapkan oleh EMCL (ExxonMobil Cepu Limited) untuk memasarkan hasil rajutan dari para perempuan di sini. Setelah dari Yogyakarta baru dikirim ke Amerika. Produk yang dijual di Amerika berupa tas dengan merek The Sak," ulas Koordinator Rajut Desa Bonorejo,  Siti Nurul Hidayati kepada para awak media dalam agenda Nyambangi Lapangan Banyu Urip yang digelar EMCL. 

Nurul menambahkan, dirinya mulai merajut sejak tahun 2018. Kemudian, melalui program Perempuan Indonesia Merajut (PRIMA) yang merupakan program pengembangan masyarakat diinisiasi oleh EMCL, pada tahun 2019 para perempuan merajut ini mulai meningkatkan kapasitas bukan hanya kemampuan merajut, tetapi juga manajemen, interpersonal, dan marketing. 

"Alhamdulillah keuntungan bersih tiap bulan saat ini mencapai Rp2 juta," imbuhnya.

Perwakilan EMCL, Hasti Asih menyampaikan, saat ini ada 125 perajut yang aktif berkarya dan sudah bisa menjual produk lewat media sosial maupun secara langsung. 

"Ini pekerjaan sambilan yang bisa dikerjakan saat waktu luang namun menghasilkan. Tujuan kita mereka bisa mandiri. Tanpa bantuan program lagi mereka sudah mandiri," ungkapnya. [lis]

Tag : Rajut, emcl, ekspor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini