12:00 . CPNS 2023 Kapan Dimulai? Ini Prediksi dan Bocoran Jabatan yang Dibutuhkan   |   11:00 . Awal Tahun, 8 Kecamatan di Bojonegoro Terdampak Puting Beliung   |   10:00 . Baznas Buka Pendaftaran Seleksi Calon Pimpinan   |   09:00 . Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadan 23 Maret 2023   |   08:00 . Bupati Anna Minta BPD Sukseskan Program RPL Pascasarjana   |   07:00 . Tanya Dokter Seperti Apa Ciri Anak Stunting?   |   06:00 . Namanya Dicatut untuk Penipuan, AMSI Desak Polisi Tindak Tegas Pelaku   |   19:00 . Erick Thohir: Indonesia Harus Punya Blue Print 100 Tahun Sepak Bola   |   18:00 . Viral! Tukang Becak di Bojonegoro Ambil Bollard di Trotoar   |   17:00 . Dua Pelajar di Bojonegoro Dikabarkan Diculik, Benarkah?   |   16:00 . Unugiri Bojonegoro Gelar Istighotsah Menyongsong Puncak Satu Abad NU   |   13:00 . Pembukaan Praktik Kebidanan, Tampilkan Peran Mahasiswa Kampus Ungu dalam Komunitas   |   10:00 . blokBojonegoro Lolos Tahap 2 Calon Anggota MCH 2023   |   09:00 . Segera Daftar, Tahun Ini Pemkab Anggarkan Rp34,6 Miliar untuk Beasiswa Pendidikan   |   08:00 . 141 Media se Indonesia Bersaing di MCH 2023   |  
Wed, 01 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemilu 2024

Panwascam Tergabung Dalam Parpol, Bawaslu Bojonegoro Lakukan Koordinasi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 02 November 2022 14:00

Panwascam Tergabung Dalam Parpol, Bawaslu Bojonegoro Lakukan Koordinasi

 

Reporter : M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Mencuatnya persoalan dugaan anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) yang namanya terdaftar sebagai anggota partai politik (parpol), ditanggapi serius oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro. 

Hal itu tampak pada upaya Bawaslu yang segera melakukan koordinasi dengan Bawaslu Provinsi Jatim guna mengambil langkah dan sikap perihal adanya dugaan Panwascam yang namanya tercantum dalam Daftar Calon Tetap (DCT) ini.

"Pak Ketua bersama Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Rekruitmen anggota Panwascam kemarin sudah mengkonsultasikan hal itu dengan Kotdiv SDM di Provinsi," buka Dian Widodo, Kordiv. Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Bojonegoro saat dikonfirmasi awak media ini.

Kordiv. Penanganan Pelanggaran juga menambahkan, soal benar atau tidaknya indikasi anggota parpol yang ikut terlantik Panwascam, pihaknya masih menunggu hasil keputusan koordinasi dengan verifikasi pada bidang yang bersangkutan. Yaitu Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Rekruitmen anggota Panwascam yang dilakukan oleh Kordiv. SDM dan Organisasi Bawaslu.

Adapun proses rekruitmen Panwascam, mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Republik Indonesia, yang menyebutkan ada larangan Panwascam bukan anggota partai minimal 5 tahun saat mendaftar.

Sementara itu, Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Bojonegoro Mochamad Alfian menerangkan, Bawaslu sudah menerima surat pernyataan dari masing-masing peserta dan dilakukan klarifikasi berikut pengecekkan. Dia juga menambahkan jika sebelum mencuat menjadi polemik, tahapan perekrutan lalu dibuka tanggapan masyarakat, namun menurut Bawaslu Bojonegoro tidak mendapatkan masukan dari masyarakat. 

"Kami sudah koordinasi dengan Bawaslu Jawa Timur agar kedepannya kita tidak salah melangkah dalam mengambil tindakan. Kita juga akan mengkonfirmasi sumber informasi dan mengundang orang tersebut, karena dalam penyampaiannya belum signifikan siapa saja nama-nama keempat orang anggota Panwas yang sudah dilantik," terangnya, Rabu (2/11/2022). [feb/lis]

 

 

Tag : Panwascam, pemilu, parpol



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more