18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perum Bulog Miliki Gilingan Gabah Modern, Sehari Bisa Produksi 120 Ton

blokbojonegoro.com | Thursday, 03 November 2022 12:00

Perum Bulog Miliki Gilingan Gabah Modern, Sehari Bisa Produksi 120 Ton

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokbojonegoro.com - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) membangun penggilingan gabah modern atau Modern Rice Milling Plant (MRMP) , untuk menghasilkan beras yang berkualitas premium. Penggilingan tersebut, mampu menghasilkan 120 Ton beras dalam sehari.

Direktur Bisnis Perum Bulog, Febby Novita mengatakan, mesin pengolahan ini mampu memproduksi beras mencapai 120 ton dalam sehari. Sehingga dengan adanya alat ini pihak petani bisa menjual gabah kering maupun basah dengan harga ekonomi dan bersaing sesuai di pasaran.

“RMU berkapasitas 6 ton per jam dan 3 unit SILO (penampung) yang berkapasitas simpan 2.000 ton gabah. Nantinya untuk penyerapan hasil pertanian berupa gabah atau padi kering dari petani lokal, bekerjasama dengan BUMD, Bumdes, Poktan dan Gapoktan yang ada di sini," jelasnya.

Febby juga menuturkan, saat ini bulog menjadi pemasok beras terbesar dan memiliki jangkauan yang luas di Indonesia. Termasuk Bojonegoro salah satunya menjadi titik potensi berdirinya gudang dan penggilingan padi bulog yang berada di Desa Kunci, Kecamatan Dander.

Sementara itu, untuk harga beli gabah kering panen dari petani, Febby menjelaskan, harga yang dipasang Bulog tentunya akan bersaing dengan pasar namun tetap disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

"Dengan begitu para petani tidak perlu khawatir tidak lagi menjual gabah beras ke kartel, perantara atau tengkulak dengan harga beli rendah, sehingga dapat terbentuk tujuan bersama dengan petani, yaitu membentuk kesadaran kolektif dalam rangka kesejahteraan petani dan ketahanan pangan nasional,” tambah Febby.

Ke depan, diharapkan petani tidak lagi menjual gabah atau beras ke kartel, perantara, atau tengkulak dengan harga beli rendah. Sehingga dapat terbentuk tujuan bersama dengan petani, yaitu membentuk kesadaran kolektif dalam rangka kesejahteraan petani dan ketahanan pangan nasional.

Selain modern rice milling plant (mrmp) di Kabupaten Bojonegoro, mrmp juga di bangun di beberapa daerah lainnya di Jawa Timur, diantaranya Kabupaten Magetan, Jember dan Banyuwangi. [riz/ito]

Tag : bulog, beras, bojonegoro, silo, pemkab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat