Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kebocoran Gas di Jalan Pemuda Diduga Terkena Cangkul Pekerja Trotoar

blokbojonegoro.com | Friday, 04 November 2022 13:00

Kebocoran Gas di Jalan Pemuda Diduga Terkena Cangkul Pekerja Trotoar

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokbojonegoro.com - Kebocoran saluran pipa jaringan gas (Jargas) di Jalan Pemuda, Kelurahan Ngroworejo, Kecamatan Bojonegoro Kota telah ditangani oleh PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) Area Bojonegoro dan pelaksana pembangunan infrastruktur jargas PT Hutama Karya (HK), Kamis (3/11/2022) malam.

Usai dilakukan pengecekan menggunakan Laser Mini Methan (LMM) atau gass detector ditemukan dua kebocoran pipa, yang diduga akibat terkena cangkul saat pembuatan trotoar di tepi jalan setempat. Namun, oleh pihak pekerja trotoar hanya ditutupi menggunakan kain.

“Diduga terkena cangkul saat membuat trotoar, usai dicek kami menemukan dua pipa yang bocor. Namun pihak pekerja hanya menutupi dengan kain. Hal tersebut yang membuat baunya sangat menyengat,” ungkap Humas PT HK, Anan Dwi Sutrisno, Kamis (3/11/2022) petang.

Sementara itu, hal senada dikatakan Area Head PGN Bojonegoro, Muhammad Arif mengatakan, titik kebocoran gas di Jalan Pemuda disinyalir merupakan salah satu dari sekian kejadian terdampak pembangunan drainase dan trotoar.

"Pipa PE 20 ini sobek terkena cangkul di titik tanam lubang pohon. Tim langsung melaksanakan perbaikan," kata pria yang karib disapa Arif itu.

Meskipun terdapat robekan yang berakibat kebocoran gas, Arif menambahkan, pihaknya tidak perlu menutup valve dari MRS (Metering Regulator Sector). Karena cukup dengan menggunakan teknik squih area. Yaitu dengan melakukan penjepitan pada pipa yang mengalami kerusakan.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Sekaligus berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan informasi kebocoran kepada kami," ujarnya.

Sebagai deteksi dini dan antisipasi kebocoran, pria asal Surabaya ini mengaku telah menerjunkan tim survey dibekali detektor kebocoran protabel yang disebut Laser Mini Methan. Tim survey akan melakukan patroli setiap hari.

"Selain itu, masyarakat bisa berpartisipasi memberi respon apabila ada kebocoran dengan menghubungi kami di Call Center 135," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, warga sekitar Jalan Pemuda Kelurahan Ngroworejo, Kecamatan Bojonegoro Kota dikeluhkan adanya bau menyengat yang diduga berasal dari pipa Jaringan Gas (Jargas) bocor. Selain itu, adanya bau menyengat membuat sejumlah pengusaha makanan di sekitarnya ikut geram.

Berdasarkan dari sejumlah informasi yang diterima blokBojonegoro.com, kejadian itu berlangsung selama kurang lebih delapan hari. Akibatnya, banyak pengusaha dan pedagang kaki lima (PKL) mengeluhkan hal tersebut. Bahkan, jika malam hari baunya semakin menyengat. [riz/mu]

Tag : Gas bocor, jargas bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini