Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

4 Ciri Orang Pintar Menurut Ilmuwan, Yakin Kamu Termasuk?

blokbojonegoro.com | Saturday, 12 November 2022 07:00

4 Ciri Orang Pintar Menurut Ilmuwan, Yakin Kamu Termasuk?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Mengapa pintar itu perlu? Banyak orang yang ingin sekali menjadi orang pintar, karena harus diakui kepintaran bisa sangat mendukung kesuksesan. Sebagai contoh, orang yang pintar biasanya pandai dalam memecahkan masalah yang pastinya sangat dibutuhkan di berbagai lini kehidupan.

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah kamu termasuk orang yang pintar? Melansir laman brightside.me, menurut para ilmuwan ada beberapa ciri orang pintar. Seperti apa? Mari kita simak bersama.

1. Kamu sudah mulai belajar membaca sejak dini

Menurut para peneliti dari Inggris, yakni Stuart J. Richie, Timothy C. Bates dan Robert Plomin, anak yang sudah belajar alfabet dan bisa membaca sejak dini kemungkinan besar lebih cerdas. Tapi, bukan berarti anak yang sudah bisa membaca duluan secara otomatis lebih cerdas dari anak lainnya, lho.

Para peneliti menjelaskan anak yang lebih dulu bisa membaca bisa lebih pintar karena lebih banyak buku yang dibaca dan hal ini membuat pengetahuan mereka lebih luas. Karena itu, buat orangtua sebaiknya biasakan anak membaca sejak dini jika ingin anaknya jadi pintar nanti, ya.

2. Mempelajari musik

Penelitian yang dilakukan oleh Glenn Schellenberg mengungkapkan bahwa anak-anak yang belajar dua jenis sekolah musik (misalnya sekolah vokal dan piano) selama 9 bulan, memiliki tingkat IQ lebih tinggi dibanding anak-anak yang hanya les drama saja atau malah tidak les seni atau musik sama sekali.

3. Kurang aktif

Menurut para peneliti dari Amerika, Todd McElroy dan David L. Dickinson, mereka yang bekerja mengandalkan intelektual atau otaknya cenderung lebih tidak aktif (doyan mager). Karena itulah mereka tidak suka olahraga.

Mereka lebih senang dengan aktivitas seperti main catur yang membutuhkan usaha mental luar biasa. Namun, para peneliti mengingatkan tetap perlu gaya hidup seimbang. Lakukan olahraga rutin meskipun tidak suka karena kurang aktif akan membuat tubuh obesitas dan dampaknya bisa menurunkan IQ, lho.

4. Bermata biru

Berdasarkan penelitian oleh Joanna Rowe, profesor di University of Louisville, orang-orang yang bermata biru cenderung lebih pintar dibanding mereka yang memiliki warna mata gelap. Tapi, bukan berarti mereka yang memiliki warna mata gelap tidak punya kelebihan, ya.

Menurut Joanna Rowe, orang bermata gelap lebih andal saat harus membuat keputusan dalam waktu cepat. Sementara orang bermata biru lebih mampu berpikir tenang dan membuat keputusan ketika berada dalam situasi sulit.

Itu tadi beberapa ciri orang pintar menurut ilmuwan. Bagaimana, apakah kamu termasuk orang pintar?

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini