Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Cuaca Ekstrem Pekan Ini di Jatim

blokbojonegoro.com | Sunday, 20 November 2022 08:00

Waspada Cuaca Ekstrem Pekan Ini di Jatim

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Juanda memprakirakan adanya potensi cuaca ekstrem beberapa hari ke depan di Jawa Timur. Sehingga masyarakat diharap waspada, apalagi ketika curah hujan sedang tinggi. 

"Berdasar analisis kondisi iklim wilayah di Jawa Timur saat ini berada di musim hujan dan dinamika atmosfer di Jawa Timur masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah selama sepekan ini," kata Kepala BMKG Klas I Juanda Taufiq Hermawan, sebagaimana dikutip dari www.detik.com, Minggu (20/11/2022).

Potensi cuaca ekstrem ini tampak dari pengamatan dinamika atmosfer yang ada. Terdapat pola siklonik di Laut Jawa yang menyebabkan daerah konvergensi, serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan di Jatim.

Selain itu juga ada fenomena MJO (madden-julian oscillation), serta suhu muka laut di perairan Jawa Timur masih hangat dengan anomali antara +0.5 sampai dengan +2.5 celcius.

"Sehingga suplai uap air akan semakin banyak di atmosfer. Kondisi tersebut mempengaruhi pembentukan awan-awan Cumulonimbus yang semakin intens dan dapat mengakibatkan cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, puting beliung, dan hujan es," bebernya.

Hal ini yang membuat beberapa  wilayah memiliki potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi. Di antaranya wilayah Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Kabupaten/Kota Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, Jombang, Nganjuk, Kabupaten/Kota Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Kabupaten Kediri, Kabupaten/Kota Blitar, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Batu, Kabupaten/Kota Malang, Kabupaten/Kota Pasuruan, Kabupatn Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep. [lis]

 

Tag : Cuaca, ekstrem, jatim



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini