Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Begini Motivasi dan Kiat Menulis Puisi Ala Warumas

blokbojonegoro.com | Tuesday, 22 November 2022 14:00

Begini Motivasi dan Kiat Menulis Puisi Ala Warumas

 

Reporter: M. Anang Febri

blokbojonegoro.com - Sajak mendayun, rangkaian kata indah, dari puisi-puisi hari telah kita baca sejak usia dini. Namun, bagaimana jika iringan waktu beranjak dewasa malah menarik diri untuk berkarya pada puisi? 

Paling tidak, semangat menulis itulah yang harus dijaga. Tentunya dengan mengimbangi etos literasinya, membaca dan menulis. Paket komplit bagi insan yang ingin membuka cakrawalanya, termasuk dalam hal berpuisi.

Hal itu dipaparkan oleh sejumlah wartawan senior Jawa Timur (Jatim) saat acara bincang buku antologi puisi berjudul Kucinta Negeri Kutulis Puisi, di Hall Suyitno Universitas Bojonegoro (Unigoro) Senin (21/11/2022) lalu.

"Kepekaan terhadap situasi, harus dibiasakan menulis dalam kondisi apapun," ujar Kris Mariono, Ketua Kordinator Wartawan Usia Emas (Warumas).

Mantan wartawan RRI Surabaya itu menambahkan, segala bentuk inspirasi menulis puisi harus dibiasakan dengan segala hal. Misal, aktivitas orang-orang di sekitar yang awalnya ramai hingga perlahan buyar meninggalkan titik dimana keadaan berubah jadi sunyi, bisa dituangkan dalam tulisan puisi.

"Terus latihan. Latihan membaca, latihan menulis. Selanjutnya tinggal mengalir nantinya," ujarnya kepada blok Bojonegoro.com saat ditemui usai acara.

Pihaknya berpesan, kepada siapa saja yang hendak berkarya pada tulisan puisi, harus lebih meningkatkan kualitas membaca dan mengasah tulisan setiap hari. Supaya menjadi kebiasaan menulis dan memperkaya kosa kata untuk dirangkai menjadi bait puisi indah. [feb/lis]

 

Tag : Sastra, budaya, puisi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini